NPHD Pilkada Kulon Progo sudah Diteken

Ilustrasi (suarapemilih.com)

KULON PROGO, (kabarkota.com) – Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo, baru-baru ini menandatangani tiga Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan Pakta Integritas dengan KPU, Polres, dan Kodim 0731 Kulon Progo.

Kepala Kantor Kesbangpol Kulon Progo, Tri Wahyudi menyampaikan, Pemerintah Kabupaten telah mempersiapkan dana hibah untuk Pemilihan Bupati Wakil Bupati pada tahun 2017. Namun karena Panwaslu berhalangan hadir pada kesempatan tersebut, maka pihaknya belum melaksanakan penandatanganan NPHD untuk pengawasan Pilkada.

Loading...

Total dana yang diberikan sebesar Rp. 18,525 Milyar yang terdiri dari APBD Murni 2016 sebesar Rp 9,614 Milyar, dan APBD Perubahan 2016 sebesar Rp. 8,910 Milyar.

Sementara pada pakta integritas, Ketua KPU Kulon Progo, Muh Isnaini mengaku, telah menerima bantuan dari Pemkab Kulon Progo melalui DPPKA Tahun 2016, Rp. 14.328.177.000 dan siap mempertanggungjawabkan penggunaan dana tersebut nantinya.

Sedangkan Astungkoro selaku Sekda Kulon Progo menyatakan bahwa besaran dana hibah untuk Kodim, Polres sudah sesuai usulan dari masing-masing dan sesuai standar yang ada.

“Untuk pembiayaan Pilkada Pemerintah Daerah wajib membiayai, karena sudah ditetapkan Kemendagri Dirjen Bina Keuangan Daerah,” ucapnya seperti dilansir laman Pemkab Kulon Progo, baru-baru ini.

Anggaran yang diberikan itu, lanjutnya, hanya untuk 1 putaran, belum prediksi jika untuk 2 putaran. Sehingga diharapkan, proses berjalan lancar tanpa melalui kasasi, pada Pilkada 15 Februari 2017 mendatang. (Rep-03/Ed-03)