Paku Alam X Resmi Dinobatkan

KGPAA Paku Alam X (dok.istimewa)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Putra  mahkota Kadipaten Pakualamam Yogyakarta, Kenjeng Bendara Pangeran Haryo (KBPH) Prabu Suryodilogo resmi ‘jumeneng’ (dinobatkan) sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X (PA X), pada Kamis (7/1/2016) atau hari ini.

Jumenengan Dalem PA X ini digelar di Kagungan Dalem Bangsal Sewatama Kompleks Kadipaten Pakualaman, sekitar pukul 09.00 WIB, dengan disaksikan oleh para raja dari sejumlah kesultanan di Nusantara, termasuk raja keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, keluarga besar  Paku Alam, kerabat, beberapa Menteri, dan perwakilan duta besar dari negara-negara sahabat. Tampak hadir pula, Presiden RI ke-5, Megawati Soekarno Putri. Sementara Presiden RI ke-7, Joko Widodo yang sebelumnya dijadwalkan hadir, batal menghadiri upacara penobatan tersebut.

Baca Juga:  Lagu Indonesia Raya Berkumandang di TPST Piyungan, Ada Apa?

Dalam janjinya, KGPAA Paku Alam X pada intinya menyampaikan bahwa pihaknya akan mengembangkan seni dan budaya, baik di internal Kadipaten maupun DIY.

“Saya akan jadikan itu sebagai tolok ukur untuk memahami perkembangan dan perubahan yang terjadi secara cepat,” ucap PA X, sebagaimana ditayangkan salah satu stasiun televisi swasta lokal di Yogyakarta, Kamis (7/1/2016).

Lebih lanjut pihaknya juga berharap, masyarakat dan keluarga besar Pakualaman juga turut berperan aktif dalam mewujudkan janji tersebut nantinya.

Baca Juga:  "Berita-Berita Media Tentang Merapi Tak Sehatkan Publik"

KGPAA Paku Alam X yang  terlahir dengan nama Raden Mas Wijoseno Hariyo Bimo merupakan putra sulung almarhum Paku Alam IX yang kemudian diangkat menjadi putra mahkota dengan gelar KBPH Prabu Suryodilogo pada  31 Januari 2012 atau bersamaan dengan upacara adat tradisi tinggalan Dalem (ulang tahun dalam kalender Jawa) 76 tahun KGPAA Paku Alam IX (alm).

PA X yang lahir pada 15 Desember 1962 ini menikahi BRAy Atika Purnomowati Suryodilogo pada 6 Juli 1992 silam. Dari pernikahan tersebut, keduanya dikaruniai dua putra, yakni Suryo Sri Bimantoro serta Bismo Srenggoro Kunto Nugroho.

Baca Juga:  Perangi Politik Uang, Ini yang Dilakukan Bawaslu Sleman

Sebelum diangkat menjadi Raja Kadipaten Pakualaman, Hario Bimo juga menjabat sebagai Kepala Biro Administrasi Kesra dan Kemasyarakatan Pemprov DIY, sejak tahun 2011. Kini, dengan penobatan KGPAA Paku Alam X, maka nantinya ia akan menempati posisi wakil Gubernur DIY. (Rep-03/Ed-03)