Panut Mulyono, Rektor UGM Terpilih

unnamed.jpg

Rektor UGM terpilih, Panut Mulyono (dok. kagama)

SLEMAN (kabarkota.com) – Setelah melewati proses pemungutan suara dan Rapat pleno Majelis Wali Amanat (WMA), pada Senin (17/4/2017), Panut Mulyono yang sebelumnya menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik, terpilijh sebagai Rektor UGM periode 2017-2022.

Dalam rapat pleno dipimpin oleh Ketua MWA, Pratikno kali ini masing-masing anggota MWA memilih satu dari tiga calon, dengan jumlah total suara para anggota MWA yang hadir adalah 25 suara. Perinciannya, suara anggota MWA non-Rektor dan non-Mendiknas berjumlah 17 suara dan Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi berhak atas 9 suara.

Hal ini sesuai dengan PP No. 67 tahun 2013 pasal 27 (8) tentang penetapan UGM sebagai Badan Hukum Milik Negara yang berbunyi “ Anggota Majelis Wali Amanat mempunyai hak suara yang sama kecuali dalam Pemilihan Rektor. Dalam pemilihan Rektor anggota dari unsur Menteri memiliki 35 persen hak suara dari semua hak suara.

Berdasarkan hasil penghitungan suara di Hasil penghitungan suara yang berlangsung dua putaran, Panut memperoleh 15 suara, mengungguli Ali Agus yang mengumpulkan 10 suara. Sementara Erwan Agus Purwanto tumbang di putaran pertama dengan perolehan tujuh suara.

“Dengan demikian, profesor Panut Unggul. Pelantikan Rektor UGM 2017-2022 akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang,” kata Ketua Panja Seleksi dan Pemilihan Rektor UGM, Indarto, seperti dilansir Humas UGM.

Sebelumnya, pemungutan suara, Rapat pleno MWA diawali dengan penyampaian program kerja oleh masing-masing Calon Rektor UGM. (Rep-03/Ed-03)