Pariwisata DIY tak Terpengaruh isu Virus Corona

Ilustrasi (dok. lipi)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Sektor pariwisata DIY tak terpengaruh isu merebaknya virus corona dari Wuhan, Cina yang tengah menjadi perhatian dunia.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, Singgih Rahardjo mengaku, hingga kini pihaknya belum mendapatkan data terkait penurunan wisatawan manca Negara (Wisman) dari Cina yang masuk DIY.

“Selama ini, wisatawan dari Cina tidak masuk 10 besar, karena jumlahnya sangat kecil,” ungkap Singgih kepada kabarkota.com, Minggu (26/1/2020).

Baca Juga:  Terkait Kasus Ahok, PP Muhammadiyah Meminta Masyarakat Hormati Proses Hukum

Menurutnya, jumlah wisman dari Cina yang datang ke DIY masih sekitar 3%. Selain itu, bulan Januari – Maret juga merupakan masa low season sehingga memang tak banyak wisatawan yang datang, dibandingkan saat high season ataupun peak season.

Sementara Ketua Badan Pimpinan Daerah Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (BPD PHRI) DIY, Deddy Pranowo Eryono menambahkan, sebagai pelaku pariwisata, antisipasi yang dilakukan PHRI masih sebatas melakukan SOP yang ada, yakni melakukan general cleaning di hotel dan restoran.

Baca Juga:  Malam Pergantian Tahun, Puri Mataram Sleman Gelar Event Gratis untuk Pengunjung

“Kami berharap pintu-pintu masuk Yogya, seperti bandara dipasang alat deteksi virus tersebut,” ucapnya.

Pihaknya juga membenarkan jika jumlah turis dari Cina di DIY masih sangat sedikit. Untuk itu, PHRI DIY tak terlalu khawatir dengan isu tersebut. Meskipun, tetap harus diwaspadai. (Rep-01)