Pemerintah Bangun 100 Taman Sains dan Teknologi

Peluncuran Program Nasional Pengembangan Sains dan Teknologi oleh Menristekdikti, Muhammad Nasir serta Menteri Koordinator Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia, Puan Maharani. (Sumber: kompas.com)
BANDUNG (kabarkota.com) – Pemerintah akan membangun 100 Taman Sains dan Teknologi Nasional (Sains Techno Park/STP). Pembangunan STP itu direncanakan dilakukan dihampir setiap kabupaten/kota di setiap provinsi. 
"Kita harus bersinergi dengan semua yang bisa membantu tumbuhnya teknologi di Indonesia," kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Muhammad Nasir, di Convention Hall, Telkom University, Bandung, Kamis (7/5).
Baca Juga:  Pemerintah Klaim Indonesia Menuju Destinasi Wisata Favorit Dunia
Tujuan pembangunan STP ini salah satunya untuk mendorong perekonomian negara dengan mendirikan pusat pengembangan sains dan teknologi, sekaligus pusat wirausaha baru di bidang teknologi maju. 
"Saya harap dalam lima tahun sudah beres. Nanti, STP ini bisa langsung dimanfaatkan," ujarnya.
Program STP ini, katanya, sesuai dengan komitmen yang tertuang di Rencana Pembangunan Jangka Menengah 2015-2019 pemerintahan Presiden Joko Widodo, dengan menetapkan arah kebijakan dan strategi pembangunan bidang IPTEK dalam rangka pembangunan 100 techno park di kabupaten/kota dan Science Park di setiap provinsi.
Baca Juga:  Korban Meninggal Siswa SMP 1 Turi Tercatat 6 Orang
"Tapi, pusatnya Science dan Techno Park ini nanti di Puspiptek, Serpong, karena itu yang sudah ada dan terbesar," katanya. (viva.co.id)