Pendaftaran Siswa Baru SMA/SMK Negeri di Sleman dimulai Selasa (1/7)

SLEMAN (kabarkota.com) – Sekolah Menangah Atas dan Kejuruan Negeri se-Kabupaten Sleman pada Selasa (1/7) besok, akan menyelanggarakan Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Pelaksanaan pendaftaran akan berlangsung hingga Jumat (4/7) atau selama tiga hari.  

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman, Arif Haryono, dari sebanyak 17 SMA Negeri akan menggunakan sistem Real Time Online (RTO). Sistem tersebut untuk pertama kali dilakukan di sekolah Sleman.

Baca Juga:  Forum Ilmuwan Indonesia akan Serahkan 81 Hasil Pemikiran ke Jokowi

Arif mengakui untuk SMK belum menggunakan sistem RTO. Namun demikian ia menolak, SMK Negeri tak memiliki kemampuan baik secara SDM dan prasarana. Ia justru mengatakan sistem RTO  SMK akan dilakukan pada tahun depan, sebab memang dilakukan secara bertahap. Ia menjelaskan untuk swasta memang belum menggunakan RTO.

Arif menjelaskan pengumuman hasil penerimaaan akan dilakukan pada tanggal 4 Juli. Sedangkan untuk SMA dan SMK swasta PPDB dimulai tanggal 1-4 Juli dan diumumkan pada tanggal 5 Juli.

Baca Juga:  Ini Seruan Sekar Kepada Pemimpin Dunia di Forum Internasional

"Untuk kesiapan PPDB secara online ini, Dikpora telah melakukan berbagai
persiapan terkait dengan sarana prasarana, sistem dan operator," kata Arief kepada kabarkota.com melalui sambungan telepon pada Senin (30/6).

Tak ada pungutan biaya pendaftaran PPDB ini menggunakan dana BOS. Arif mengatakan kabupaten Sleman memberlakukan kuota 20 persen untuk pendaftaran luar Sleman dan luar DIY.

Informasi PPDB Sleman dapat diakses melalui http://sleman.siap-ppdb.com. Selain itu, masyarakat juga bisa memperoleh informasi lainnya di Posko PPDB 2014 di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman. (rin/aif)