Permudah Akses ke Bandara YIA, Stasiun Kedundang akan Dioperasikan Kembali

Stasiun KA Kedundang (dok. wikipedia)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo mulai dioperasikan meskipun masih sangat terbatas, karena baru beberapa maskapai penerbangan yang beroperasi di sana.

Nantinya, ketika proses pembangunan bandara YIA telah selesai, maka rencananya seluruh penerbangan akan dipindahkan dari Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

Guna mendukung pengoperasian bandara baru tersebut, maka stasiun Kereta Api (KA) Kedundang di Temon, Kulon Progo juga akan dioperasikan kembali.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Gatot Saptadi mengatakan, stasiun Kedundang dengan jarak sekitar 5 km dari bandara baru ini nantinya akan membuka jalur baru yang langsung menuju ke lantai 2 bandara YIA.

“Target selesai secepatnya,” kata Gatot, baru-baru ini.

Meski demikian, Gatot menegaskan bahwa untuk realisasi pembangunan jalur baru tersebut menjadi ranahnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dihubungi terpisah, Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto juga menyatakan, pengoperasian kembali stasiun Kedundang menjadi ranahnya pemerintah pusat.

“Tahun ini (2019) direalisasikan, tapi itu ranahnya Dirjen KA Kemenhub,” jelas Eko kepada kabarkota.com, Kamis (13/6/2016). (Rep-01)