Persiapan Penting Backpacker Pemula yang Mau Berwisata ke Luar Negeri

Ilustrasi (sumber: backpacker.com)

JAKARTA – Jalan-jalan apalagi di akhir pekan tentunya menjadi hal yang menyenangkan. Tidak sekedar untuk melepas kepenatan akibat rutinitas harian, tetapi juga menjadi hiburan tersendiri saat bisa menikmati suasana liburan di berbagai tempat wisata.

Namun, tak jarang keinginan untuk travelling itu harus urung atau setidaknya ditunda karena persoalan minimnya dana atau tidak tahu ke mana obyek yang sebaiknya dituju. Termasuk, ketika hendak melancong ke luar negeri.

Tapi, sebenarnya persoalan itu masih bisa diatasi, dengan menjadi backpacker (wisatawan beransel). Dana minim dan kebingungan menentukan tujuan itu bisa diakali dengan menyimak tujuh tips berikut ini.

Pastikan tiket di tangan sebelum mengawali perjalanan
Ini penting karena banyak orang yang pada akhrinya urung jadi backpacker karena susahnya memilih langkah awal untuk memulai perjalanan.

Riset.

Jalan-jalan tanpa melakukan riset sebelumnya itu ibarat burung tak bersayap tidak bisa terbang ke mana-mana. Karenanya, melakukan riset tentang tempat yang akan dituju juga menjadi bagian yang tidak boleh terlewatkan, Utamanya, riset tentang penduduknya, makanannya, adatnya, dan segala macamnya, untuk lebih memudahkan saat perjalanan.

Biarkan orang lain tahu ke mana tujuanmu
Jika baru pertama melakukan perjalanan beransel, maka biarkan orang lain mengetahui ke mana kamu akan bertualang. Media social juga bisa dimanfaatkan untuk memberitahukan di mana posisimu. Ini sangat diperlukan guna mengantisipasi hal-hal buruk yang tidak diinginkan selama di perjalanan.

Pilih ransel yang nyaman
Meski pun kelihatannya sepele, namun ransel yang kamu bawa akan mempengaruhi mood saat di perjalanan. Jangan sampai, niat awalnya jalan-jalan untuk bersenang-senang malah jadi repot karena pilihan ransel yang salah.

Menjalin pertemanan
Bagaimana pun berteman dengan banyak orang, terutama sesama petualang dan juga penduduk di daerah yang akan dituju akan membantu perjalananmu. Keuntungannya, bisa semakin menekan biaya karena saling membantu di perjalanan.

Rencanakan perjalananmu
Tanpa perencanaan yang baik, bisa jadi dana yang telah kamu siapkan tidak akan mencukupi untuk menopang perjalananmu. Atau malah perjalanan menjadi tidak berkualitas karena banyak waktu dan materi yang terbuang tetapi tidak bisa menemukan obyek-obyek yang bagus untuk dinikmati.

Packing yang benar

Tidak hanya ransel yang harus disesuaikan dengan rencana perjalananmu, tetapi juga barang-barang bawaan harus benar-benar disiapkan agar tidak kerepotan saat melakukan petualangan di tempat yang jauh.

Editor: Tria