Pilkada Kota Yogya, Inikah Calon yang akan diusung PPP dan PDIP?

Ilustrasi ( suarapemilih.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2017 memang masih sekitar setahun lagi, namun persiapan dari parpol calon peserta Pilkada di Kota Yogyakarta sudah mulai melakukan berbagai persiapan. Salah satunya, mempersiapkan nama-nama bakal calon yang akan diusung dalam bursa walikota dan wakil walikota mendatang.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan (DPW PPP) DIY, Sukri Fadholi kepada wartawan di kantor Kanwil Kemenkumham DIY, Senin (29/2/2016) menyatakan, secara pasti belum ada nama-nama bakal calon yang akan diusung oleh partai berlambang ka’bah ini. Mengingat, hingga saat ini, DPC PPP Kota Yogyakarta belum melakukan konsolidasi maupun koordinasi dengan pengurus serta tokoh-tokoh masyarakat untuk menentukan itu.

Baca Juga:  Revisi UU KPK Ditunda, Aktifis Antikorupsi Yogya tetap Rapatkan Barisan

Hanya saja, pihaknya meyakini, akan banyak tokoh-tokoh muda yang bisa ditampilkan, baik dari internal partai maupun tokoh masyarakat yang layak diusung pada Pilkada mendatang.

“Asalkan mereka memiliki komitmen pengabdian kepada rakyat, mau berkorban untuk rakyat, dan berani menegakkan hukum dengan sungguh agar Yogyakarta yang berpredikat pendidikan, dan kebudayaan ini tetap terjaga,” kata Sukri yang juga mantan wakil walikota Yogyakarta ini.

Baca Juga:  Literasi Media Sosial Rendah, Hoaks Marak

Sukri juga memastikan, dirinya akan memberikan kesempatan dan dukungannya kepada tokoh-tokoh muda itu nantinya. “Saya sudah terlalu tua untuk mendaftar. Umur saya sudah 64 maka saya lebih suka memmberikan kesempatan kepada generasi muda baik dari partai maupun tokoh masyarakat,” ucapnya lagi.

Hal berbeda justru ditunjukkan PDIP Kota Yogyakarta yang siap mengusulkan Imam Priyono yang saat ini juga tengah menjabat sebagai wakil walikota Yogyakarta untuk maju sebagai bakal calon walikota untuk periode selanjutnya.

Wakil Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Yogyakarta, Fokky Ardiyanto menyebutkan bahwa pihaknya akan segera meminta rekomendasi dari DPP partai dan dapat diterbitkan pada bulan April 2016.

Baca Juga:  Tantangan Caleg Perempuan di tengah "Budaya" Politik Uang

“Alasan kami mengusung Imam Priyono adalah sesuai instruksi partai untuk mengusung petahana,” kata Fokky kepada kabarkota.com.

Selain itu, lanjut Fokky, selama menjabat sebagai pendamping walikota Yogyakarta, Imam Priyono sudah terlihat memiliki roh kepemimpinan yang selama ini dibutuhkan rakyat. (Rep-03/Ed-03)