Pimpinan KPK Idealnya Lima

Ilustrasi. (Sumber: kompas.com)

SLEMAN (kabarkota.com) – Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang kini tinggal empat orang dinilai tidak bermasalah bagi Ketua KPK, Abraham Samad, beberapa waktu lalu. Akan tetapi, pandangan berbeda diungkapkan salah satu pimpinan KPK, Busyro Muqoddas, yang jabatannya di KPK berakhir pada 10 Desember kemarin. (Baca: KPK akan Tolak Perppu atau Keppres Penunjukan Pimpinan)

Busyro mengatakan bahwa pimpinan KPK yang berjumlah empat orang mencukupi tapi untuk sementara. Menurutnya, jumlah ideal pimpinan KPK adalah lima.

Baca Juga:  BNNP DIY Tangkap Kurir Narkoba dari Afrika Selatan

"Mengapa harus lima? Volume dan kualitas masalah di KPK semakin hari semakin kompleks. Empat pimpinan hanya untuk keadaan darurat," ujar Busyro di UGM, Kamis (11/12). (Baca: Gara-gara Ini, Ketua DPRD Bangkalan Terjerat KPK)

Saat ini, DPR tengah melakukan lanjutan seleksi calon pimpinan KPK. Proses seleksi yang telah berjalan beberapa bulan lalu mundur bermacam alasan yang ada di DPR.

Busyro menegaskan, jika pihak KPK berpendapat pimpinan KPK sejumlah empat orang sudah cukup lebih pada alasan. anggaran. "Menyeleksi satu orang sama saja menyeleksi lebih dari satu orang. Anggarannya tetap sama besar," ujarnya.

Baca Juga:  Banjir Setinggi Dua Meter Terjang Kota Padang

AHMAD MUSTAQIM