PKS Ikut Loloskan Perppu Pilkada

Ketua Dewan Pimpinan Pusat PKS, Mahfudz Shiddiq. (Sumber: tempo.co)

JAKARTA (kabarkota.com) – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akhir berubah haluan. Setelah sebelumnya mendukung Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) lewat DPRD, kini partai tersebut setuju untuk meloloskan Perppu Nomor 1 tahun 2014, tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara langsung.

"Kami mendukung Perppu ini agar tetap ada kesolidan dalam KMP," ujar Ketua Dewan Pimpinan Pusat PKS, Mahfudz Shiddiq, Jum'at (12/12).

Baca Juga:  UUK DIY Digugat, Pengamat: Persoalan DIY tak bisa Dilihat dari satu Sudut

PKS memilih untuk mendukung Peppu Pilkada meskipun sebelumnya sempat bersikap akan tetap mendukung Undang-undang Pilkada yang dilakukan melalui DPRD. Mahfudz tidak menampik bahwa langkah yang diambil PKS ini dipengaruhi Golkar yang terlebih dahulu mendukung Perppu Pilkada.

Pasalnya, Partai Golkar versi Aburizal Bakri termakan ucapan sendiri dengan setuju untuk mendukung Perppu tersebut. "Jika Golkar telah mengatakan seperti itu, kami sebagai bagian dari KMP akan ikut langkah partai Golkar," kata dia.

Baca Juga:  Perolehan Suara Jokowi - Ma'ruf Unggul di DIY

Mahfudz mengungkapkan PKS setuju meloloskan Perppu Pilkada bukan karena melihat aspek sistem Pilkada. Melainkan, lebih kepada kebersamaan.

Menurutnya, pilihan KMP bisa saja berubah dan mengajukan hal yang berbeda di kemudian hari. "Ini kan hal yang dinamis. Jadi nanti bisa saja ada usulan perubahan lagi,"ujarnya. (metrotvnews.com)