PR Baru Pemerintahan Baru Bernama Industri Nasional

SLEMAN (kabarkota.com) – Industri nasional menjadi pekerjaan rumah penting untuk pemerintahan baru. Hal itu menjadi penting karena selama ini Indonesia masih tergantung dengan negara lain dalam hal transportasi.
 
Hal tersebut dikemukakan Direktur Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada, Kuncoro Harto Widodo ketika dihubungi kabarkota.com.
 
Kuncoro menuturkan, Indonesia pernah membuat pesawat, mobil hingga sepeda motor. Dengan alasan itulah Kuncoro mendorong agar pemerintah memperhatikan industrialisasi transportasi.
 
“Secara teknologi kita sudah melakukan. Kita pernah mampu membuatnya. Pemerintah harus mendorong itu,” ujar Kuncoro.
 
Kuncoro mengatakan, hal yang perlu dilakukan pemerintah yang baru nanti adalah membenahi sektor industrialisasi transportasi dari hulu hingga hilir. Selama ini, lanjutnya, berbagai suku cadang transportasi masih didominasi asing, meskipun produk dalam negeri juga ada.
 
Ia menegaskan, industri nasional tidak bisa berdiri sendiri. Pihaknya menyarankan agar pemerintah terlibat dalam hal pabrikasi dan pemasaran produk.
 
Menurutnya, secara kemampuan sumber daya manusia Indonesia sudah tidak kesulitan lagi. “Pemerintah harus menempatkan skala prioritas dalam hal menata industri nasional. Industri harus dipayungi dengan regulasi,” ujarnya. (kim/mon)