Presiden Jokowi Bakal Ganti KaBIN, Ini Respon Sutiyoso

Ilustrasi (ramalanintelijen.net)

JAKARTA (kobarkota.com) – Presiden Joko Widodo menunjuk Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan sebagai calon Kepala Badan Intelijen Nasional (KaBIN). Budi Gunawan akan menggantikan posisi Sutiyoso atau yang biasa disapa Bang Yos. Menurut Ketua Dewan Informasi Strategis dan Kebijakan (DISK) BIN Dradjad, Presiden bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno sudah memberi tahu Sutiyoso sebelumnya jika jabatannya akan diganti,  namun perihal kapan tepatnya Sutiyoso akan diganti, Dradjad belum memberi kepastian.

“Selama beberapa hari sebelumnya, Bang Yos, keluarganya dan teman-teman terdekatnya seperti saya sudah mendapat kisi-kisi kalau pada hari tersebut, Presiden akan memberitahu hal ini langsung kepada Bang Yos. Jadi sudah sangat memahami,” tutur Dradjat Jumat (2/9/2016).

Suasana pertemuan anatara Presiden dengan Sutiyoso digambarkan terkesan sangat rileks. Bahkan Sutiyoso sempat beberapa kali melontarkan guyonan yang membuat Jokowi tertawa lepas.

Loading...

“Kepada Presiden, Bang Yos menyampaikan, sebagai prajurit dia siap melaksanakan apapun perintah Presiden. Jadi kalau diganti setiap saat juga siap. Bahkan setelah diberi tahu penggantian tersebut, Bang Yos masih melaporkan hasil dari salah satu tugas sangat penting dari Presiden,” jelasnya.

Presiden Jokowi mengusulkan Komjen Budi Gunawan sebagai KaBIN menggantikan Sutiyoso berdasarkan surat usulan yang sudah diserahkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno ke DPR. Alasan dicopotnya Sutiyoso tidak diceritakan detail oleh Dradjad.

Dradjad menceritakan sejumlah keberhasilan Sutiyoso selama satu tahun jabatannya. Pertama mengajak Din Minimi dan pasukannya kembali bergabung ke masyarakat, tanpa satu tetes darah pun, begitu juga para kombatan Papua turun gunung. 

“Yang jelas saya sangat tahu bahwa Bang Yos diganti bukan karena dinilai gagal atau bersalah oleh Presiden,” ungkapnya. (merdeka.com/Ed-04)