Ratusan Pelajar SMA/SMK dari 30 Kota akan Ikuti Kemah Pancasila di Yogya

Jumpa Pers KPPI, di gedung DPRD DIY, Kamis (12/12/2019). (dok. kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Sebanyak 350 pelajar SMA/SMK dari 30 kota di Indonesia akan mengikuti Kemah Pancasila Pelajar Indonesia (KPPI), di Watu Tapak Camp Hill Tebing Breksi Prambanan Sleman, DIY, pada 13 – 15 Desember 2019.

KPPI yang baru pertama kali digelar ini diprakarsai oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Komunitas Rejamulia, dengan dukungan dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY.

Baca Juga:  Gratis! Pelatihan Desain Grafis Kominfo untuk Penyandang Disabilitas

Kasubdit Inovasi Pembudayaan BPIP, Galuh mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai pancasila di kalangan pelajar SMA/SMK di Indonesia.

“Segmen pelajar SMA/SMK dipilih karena mereka calon-calon generasi pemimpin bangsa yang perlu diperkuat ideologinya sehingga ke depan mereka memiliki sikap politik yang inklusif,” jelas Galuh dalam Jumpa Pers yang digelar di gedung DPRD DIY, Kamis (12/12/2019).

Selain itu, pihaknya juga menambahkan, kegiatan ini sekaligus sebagai upaya untuk membangun jejaring di kalangan pelajar sehingga tercipta relasi sosial berkelanjutan dalam gerakan implementasi nilai-nilai Pancasila.

Baca Juga:  Demi Keistimewaan DIY, 87 Lurah se-Kulon Progo akan Dilantik Kembali

“Generasi kita ini kan generasi milenial sehingga harapannya melalui kegiatan ini tertanam semangat toleransi, gotong royong, dan kebersamaan,” tegas Galuh.

Sementara Widihasto Wasono Putro dari Komunitas Rejamulia Yogyakarta menambahkan, acara KPPI kali ini dikonsep secara edu-Fun dengan memadukan berbagai metode permainan, ketrampilan, dinamika kelompok, serta apresiasi seni yang mengasah afeksi dan kognisi peserta. Sedangkan muatan materinya meliputi Pancasila, kebangsaan, kepemimpinan, kemanusiaan, sosial masyarakat, lingkungan, psikologi, kebudayaan, sosial media, dan keorganisasian.

Baca Juga:  1 April, Pemkot Yogya Berlakukan KTR

“Kami juga telah menyiapkan 30 tenaga pendamping dari kalangan mahasiswa sejumlah Perguruan Tinggi di DIY,” ungkapnya.

Rencananya, pembukaan acara KPPI akan digelar pada 13 Desember 2019, pukul 13.00 WIB, di Pendopo Balkondes Tebing Breksi. (Rep-01)