Rencana Kunjungan Prabowo ke Yogya Ditunda, Ada Apa?

Ilustrasi (dok. visitingjogja)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Rencana kunjungan Calon Presiden (Capres) RI, Prabowo Subianto yang semula pada tanggal 26 November 2018 diundur ke tanggal 28 November 2018. Tak hanya itu, lokasi acara yang semula direncanakan di Monumen Diponegoro Yogyakarta, akan dipindahkan ke Sasono Hinggil Alun-alun Selatan Yogyakarta.

Saat dikonfirmasi hal tersebut, Koordinator Relawan Prabowo – Sandi di DIY, Sinarbiyatnujat membenarkan adanya perubahan jadwal kunjungan Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra ini.

“Penundaan itu karena ada sesuatu hal, jadwal lain yang tak bisa ditunda,” jelas Sinarbiyat kepada kabarkota.com, Kamis (22/11/2018)

Sementara terkait perubahan tempat, Sinarbiyat mengungkapkan, semula, pihak panitia telah menghubungi pengelola museum untuk menyewa tempat tersebut sebagai tempat kegiatan Prabowo di Yogyakarta.

“Dalam pandangan kami, Museum Monumen Diponegoro itu punya nilai histori bagi bapak Prabowo, karena beliau masih ada keturunan Sri Sultan Hamengku Buwono II, sekaligus bagian dari trah Pangeran Diponegoro,” imbuh Sinarbiyat yang juga ditunjuk sebagai Panitia Penyambutan Acara.

Menurutnya, di awal pengelola museum sempat mengijinkan tempat tersebut disewa untuk kegiatan Prabowo, hingga panitia pun membuat poster yang pada intinya meninformasikan rencana kegiatan di museum Diponegoro, pada 26 November 2018, pukul 09.00.WIB.

Namun belakangan, lanjut Sinarbiyat, pihak pengelola membatalkan ijin penggunaan tempat, dengan dalih, tidak boleh ada kegiatan politik di Museum Monumen Diponegoro.

“Saya tidak bisa berprasangka (soal pembatalan ijin), persepsi kami, selama ini museum biasa disewa oleh umum untuk kegiatan apa saja,” sesalnya.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Prabowo Subianto Menyapa Yogyakarta, R. Brotoseno, melalui pesan berantai di whatsapp juga menginformasikan perubahan rencana kegiatan tersebut.

“Sesuai dengan informasi yang saya terima dari bapak Hashim Djojohadikusumo melalui telepon hari ini, Kamis, 22 November 2018, pukul 13.30 WIB bahwa acara “Prabowo Subianto Menyapa Yogyakarta” yang semula diagendakan pada hari Senin, tanggal 26 Nopember 2018 di Museum Monumen Diponegoro, dengan berbagai pertimbangan ditunda menjadi hari Rabu, tanggal 28 Nopember 2018, pukul 09.00 WIB di Gedung Sasono Hinggil Dwi Abad, Alun-Alun Selatan, Yogyakarta,” tulisnya. (Ed-03)