Ribuan Warga dan Penyandang Disabilitas di DIY akan Terima Jadup Dampak Corona

Ilustrasi (dok. kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY melalui Dinas Sosial (Dinsos) akan memberikan bantuan sosial bagi warga kurang mampu yang terdampak wabah Coronavirus Desease 2019 (Covid-19).

Kepala Dinsos DIY, Untung Sukaryadi mengatakan, bantuan sosial berupa paket sembako senilai Rp 625.000 per Kepala Keluarga (KK) selama dua bulan di masa tanggap darurat.

“Dengan asumsi satu KK empat orang. Minimal gizi nutrisi akan terpenuhi,” kata Untung saat Raker dengan Komisi A di Kompleks DPRD DIY, Senin (13/4/2020).

Baca Juga:  Sri Widodo, Penyandang Disabilitas yang Jadi Panutan

Menurutnya, basis data kemiskinan diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Ada 76.261 KK yang belum tersasar bantuan BPNT dengan PKM.

Selain itu, Pemda DIY juga akan memberikan bantuan serupa kepada 2.929 orang penyandang disabilitas kurang mampu, 700 lansia terlantar yang hidup sendiri dan tak tertangani, namun enggan ditempatkan di panti sosial. Mereka akan mendapatkan bantuan pangan senilai Rp 266.000 per orang.

Baca Juga:  4 Langkah Praktis Kurangi Kecanduan Minum Kopi

“Targetnya 3-4 hari terdistiribusi semua,” imbuh

Sementara Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Triyudiana menambahkan, dari hasil re-desain APBD DIY, dana belanja tak terduga yang disiapkan untuk Tanggap Darurat Bencana Covid-19 DIY lebih dari Rp 250 Miliar.

Dari jumlah tersebut, ungkap Huda, sekitar Rp 95 Miliar akan digunakan untuk Jaminan Hidup (Jadup) bagi warga yang terdampak.

Lebih lanjut pihaknya meminta agar setiap pengadaan barang pangan tersebut harus mengutamakan UMKM lokal DIY.

Baca Juga:  Menuju New Normal, Pemkot Yogya Longgarkan Peribadahan di Masjid

“Kalau beli beras juga kepada petani petani DIY,” harap mantan anggota DPRD Sleman ini.

Hal itu penting, imbuh Huda, untuk membangkitkan ekonomi masyarakat yabg terpuruk. Sekaligus mengoptimalkan petani di DIY. (Rep-02)