RUU Pemilu masih Dibahas Pemerintah

Mendagri, Tjahjo Kumolo (tengah). (aktual.com)

JAKARTA (kabarkota.com) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengatakan, Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu masih dalam tahap pembahasan di pemerintah.

Menurutnya, RUU tersebut masih perlu diputuskan di kabinet. Meski demikian, pihaknya menyatakan, tetap akan mendengar masukan Partai Politik (parpol). Termasuk usulan Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang meminta ambang batas parlemen dari 3,5 persen menjadi 7 persen.

Baca Juga:  2019, Politik Hukum Presiden di Bidang Legislasi Dinilai Lemah

Terkait kewenangan partai politik untuk mencari calon anggota legislatifnya sendiri, lanjutnya, itu merupakan hak partai dengan segala prosesnya.

“Kami kembalikan ke parpol rekruitmennya. Harus ada psikotes, harus tahu rekam jejaknya. Sama kaya jadi polisi dan tentara,” jelasnya seperti dikutip laman Kemendagri, Kamis (21/7/2016).

Selain itu ditambahkan Tjahjo, RUU Pemilu harus dapat menjaga kedaulatan partai politik dan rakyat secara bersamaan, serta mempertimbangkan seluruh usulan, baik sistem proporsional tertutup maupun terbuka dalam pemilu serentak nantinya. (Rep-03/Ed-03)