Sejumlah Pedagang di Pasar Beringharjo dan Pasar Cebongan Terpapar Covid-19

Pasar Beringharjo Yogyakarta (dok. kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Salah seorang pedagang di pasar Beringharjo Yogyakarta, khususnya di sisi timur terkonfirmasi positif Covid-19.

Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, salah seorang pedagang tersebut biasa berjualan di lapak sayuran pasar Beringharjo.

Menurut Heroe, awalnya pedagang tersebut bergejala batuk dan mulai istirahat di rumah. Kemudian menjalani tes rapid dengan hasil reaktif. Lalu tes swab dan terkonfirmasi positif.

Baca Juga:  3 Tips Hidup Sehat Jusuf Kalla di Usia 70-an Yang Mudah Dilakukan

“Hari ini (Senin) kami melakukan tracing terhadap 18 orang yang berdekatan dan kontak erat dengan pedagang tersebut,” jelas Heroe, Senin (14/9/2020).

Rencananya, lanjut Heroe, Selasa (15/9/2020) besok, Pasar Beringharjo bagian timur akan ditutup sementara karena akan dilakukan penyemprotan diinfektan di area tersebut.

Sementara di Sleman, Pasar Cebongan rencananya juga akan ditutup selama tiga hari, mulai 15 – 17 September 2020 untuk kepentingan sterilisasi setelah sejumlah pedagang di pasar tradisional tersebut juga terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca Juga:  Jadwal Pemadaman Listrik di DIY per 20 Desember 2018

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Joko Hastartyo menyebutkan, sedikitnya ada 18 orang terkonfirmasi positif dari kasus Pasar Cebongan. Namun demikian, tidak semua yang terpapar adalah pedagang, melainkan juga ada dari keluarga pedagang. (Rep-01)