Sejumlah Puskesmas di Kota Yogya Terima Bantuan APD

Ilustrasi: Penerimaan bantuan APD dari Pemerintah Pusat melalui Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta (dok. istimewa)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Sejumlah Puskesmas di Kota Yogyakarta telah menerima bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari Dinas Kesehatan (Dinkes),

Kepala Puskesmas Gedongtengen Yogyakarta, Tri Kusumo Bawono mengaku, pihaknya telah menerima APD bantuan dari pemerintah tersebut pada Jumat (3/4/2020).

“Kami telah menerima APD berupa 50 baju Hazmat dan masker,” jelasnya kepada kabarkota.com.

Baca Juga:  Liberia Buka Pusat Perawatan Ebola

Hal senada juga disampaikan Kepala Puskesmas Kraton Yogyakarta, Eny Purdiyanti. Pihaknya menyatakan bahwa Puskesmas Kraton telah beberapa kali menerima bantuan APD, seperti Masker N95, dan masker bedah.

“Di samping dari Dinkes, kami juga membeli sendiri,” tegasnya.

Puskesmas Kraton, lanjut Eny, juga mendapatkan donasi APD berupa face shield, kacamata, dan masker dari beberapa institusi.

“Stok kebutuhan APD kami masih mencukupi,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Biwara Yuswantana mengklaim telah menyalurkan ribuan APD bantuan dari pemerintah pusat ke Puskesmas, dan Rumah Sakit Nonrujukan, melalui Dinkes Kabupaten/Kota, dan ke Rumah Sakit Rujukan melalui Dinkes DIY.

Baca Juga:  Polda DIY Kerahkan 6.564 Personel untuk Pengamanan Pilpres

Adapun rincian distribusinya yakni 12 RS Nonrujukan dan 18 Puskesmas di Kota Yogyakarta; 18 RS Nonrujukan dan 25 Puskesmas di Sleman; 7 RS Nonrujukan dan 21 Puskesmas di Kulon Progo; 4 RS Nonrujukan dan 30 Puskesmas di Gunung Kidul; serta 13 RS Nonrujukan dan 27 Puskesmas di Bantul.
.
“Setiap RS Nonrujukan di Kabupaten/Kota akan menerima 15 APD sedangkan setiap puskesmas di Kabupaten/Kota akan menerima 10 APD,” paparnya. (Rep-04)