Selesai Olahraga, Ini yang Perlu Anda Lakukan

Ilustrasi olahraga. (Sumber: donisehat.blogspot.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Selepas melakukan olahraga ada baiknya Anda tidak langsung melakukan aktivitas berat. Namun, ada baiknya melakukan sesuatu hal yang bisa mengembalikan energi dan stamina yang telah dikeluarkan.
Berikut lima aturan yang harus diikuti agar olahraga yang Anda lakukan tidak sia-sia.

1. Makan usai 30-60 menit usai olahraga
Dengan makan usai melakukan olahraga dengan jarak itu sangat berguna untuk menempatkan kembali apa yang telah hilang selama Anda latihan. Selain itu untuk menyediakan asupan baru yang dibutuhkan untuk perbaikan dan penyembuhan.

Baca Juga:  Tips Menjadikan Anda Lebih Produktif di Kantor

2. Konsumsi protein
Protein berfungsi membangun otot. Contoh protein yang bisa dikonsumsi usai olahraga diantaranya sayuran hijau, mentega almond, minyak kelapa, gandum atau telur dadar yang dibuat dengan satu telur utuh.

3. Tetap pada realitas
Nutrisi dari makanan yang seseorang konsumsi merupakan dasar dari struktur, fungsi, dan integritas setiap sel seseorang. Tubuh seseorang terus memperbaiki, melakukan penyembuhan, dan membangun kembali sel-sel baru.

Baca Juga:  Tembakan Meriam "Sambut" Kelahiran Putri Pangeran William

4. Jangan makan berlebih
Jika berat badan merupakan salah satu tujuan, penting bagi seseorang untuk tidak melebih-lebihkan berapa banyak makanan tambahan yang masuk. Terlalu fokus dengan tujuan itu hanya akan membuat Anda terbebani dan stress.

5. Perhatikan asupan cairan tubuh
Jika berkeringat selama latihan atau latihan lebih dari 60 menit, Anda perlu minuman penambah energi yang aman daripada hanya air putih biasa selama latihan. Meniman itu harus mengandung elektrolit untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang melalui (seperti natrium, yang membuat keringat asin, dan potasium yang membantu mengatur irama jantung), serta bahan bakar. Aturan umum praktisnya adalah minum setidaknya dua cangkir (16 ons) cairan dua jam sebelum latihan, dua cangkir 15 menit sebelumnya, dan setengah cangkir setiap 15 menit setelahnya.(urbanoustics.blogspot.com)

Baca Juga:  Puncak Gunung Lanang, Wahana Wisata Alam Baru di Kulon Progo