“Si Thole” Uji Coba Hari Ini

Shuttle Wisata "Si Thole" saat uji coba sebagai Kendaraan Angkutan Wisata Khusus Njeron Beteng (kawasan dalam benteng). (Sutriyati/kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Koperasi Forum Komunitas Kawasan Alun-Alun Utara (FKKAU) Yogyakarta, Jumat (28/11) melakukan uji coba Shuttle Wisata "Si Thole" sebagai Kendaraan Angkutan Wisata Khusus Njeron Beteng (kawasan dalam benteng).

Ketua Koperasi FKKAU, Muhammad Fuad menjelaskan, pra ujicoba lima unit Shuttle Wisata untuk tahap awal ini, rencananya akan berlangsung hingga 3 Januari 2015 mendatang.

"Dari hasil uji coba kami, untuk menempuh satu rute membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Sedangkan, kapasitas 5 unit mobil, bisa mengangkut 40 orang. Jadi estimasi kami dalam satu jam bisa mengangkut penumpang setidaknya 200 orang," kata Fuad saat pra ujicoba Shuttle Wisata, di Taman Parkir Ngabean Yogyakarta.

Baca Juga:  Ini yang Mendorong pihak Klinik Laporkan Cat Lover di Yogya ke Polisi

Adapun rute yang ditempuh, kata dia, dari Parkir Ngabean – Alun2 Utara/Keraton Jogja – Magangan/Sompilan -Taman Sari – Parkir Ngabean. Sedangkan, rute kedua, dari Parkir Ngabean – Alun2 Utara/Keraton Jogja – Taman Pintar/Parkir Senopati – Titik Nol Kilometer Malioboro – Parkir Ngabean.

Menurutnya, dengan tarif Rp 5 ribu – Rp 10 ribu, "Si Thole" juga melayani pemandu wisata, khususnya bagi turis asing, dari pukul 08.00 – 22.00 WIB. "Dari awal, kami  bersemangat untuk membantu penataan kawasan alun-alun utara yang berdampak pada pihak-pihak yang selama ini mencari mata pencaharian di kawasan tersebut," tambahnya.

Baca Juga:  BPBD Butuh Data Kependudukan untuk Petakan Kebencanaan

Untuk itu, tenaga operasional dari Shuttle Wisata ini juga orang-orang yang terdampak revitalisasi, seperti tukang parkir, dan sebagian masyarakat sekitar. Bahkan ke depan, lanjut Fuad, pihaknya juga akan menyediakan fasilitas 60 becak, serta seratusan sepeda sebagai alat transportasi alternatif untuk menempuh rute tersebut.

Lebih lanjut dia juga menargetkan bahwa hingga akhir tahun 2014 nanti, setidaknya akan ada 20 armada yang akan dioperasionalkan mulai 4 Januari 2015 mendatang. Termasuk 10 shuttle terbuka untuk menambah daya tarik wisatawan.

Salah seorang wisatawan dari Kalimantan Barat, Mona Moleka yang sempat menumpang Shuttle Wisata tersebut mengaku senang bisa menikmati suasana kota Yogyakarta dengan nyaman. "Menurut saya tarifnya murah meriah," kata Mona yang menempuh rute dari Parkir Ngabean menuju Kraton Yogyakarta.

Baca Juga:  Minoritas Penghayat Dipaksa Memilih Agama

Dirinya yang datang bersama rombongan juga mengapresiasi upaya pemerintah kota Yogyakarta yang melakukan penataan kawasan Alun-alun Utara hingga terasa lebih nyaman bagi wisatawan.

Sementara, Sekda Perekonomian dan Pembangunan Kota Yogyakarta, Aman yuriandijaya juga menganggap, pengadaan "Si Thole" ini juga bagian dari pendukung pariwisata di Yogyakarta. Oleh karenanya Aman juga berharap, agar semua pihak bisa memberikan dukungan atas upaya dari Pemkot Yogyakarta ini.

SUTRIYATI