Siap Pimpin Jakarta, Anies Baswedan akan Temui Sejumlah Komunitas di Yogya

Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan (dok. youtube)

SLEMAN (kabarkota.com) – Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Rasyid Baswedan akan resmi memimpin ibukota, pada Oktober 2017 mendatang. Dalam masa “penantian” tersebut, Anies melakukan roadshow ke sejumlah daerah, termasuk di Yogyakarta.

Dalam kunjungannya di Yogyakarta pada 18 – 19 Juli 2017 besok, Anies juga mengajak sejumlah komunitas dari Jakarta untuk mengunjungi sekaligus bertemu dengan berbagai komunitas masyarakat di Yogyakarta.

Ketua panitia, Khamim Zarkasih Putro menjelaskan, kunjungan Anies bersama komunitas itu dalam rangka menjaring masukan-masukan untuk pengayaan program ketika ia bersama Sandiaga Uno memimpin DKI Jakarta nantinya.

Baca Juga:  Kader Hijau Muhammadiyah Komite DIY Berkomitmen jadi Pelopor Pembela Lingkungan Hidup

Komunitas yang akan dikunjungi, sebut Khamim, diantaranya: Kuliah Subuh dan Kultum di MBS Prambanan, komunitas bantaran sungai Winongo, Desa Wisata Candran di Kebonagung, Imogiri Bantul, dan kelompok tani di Jambon, Sleman.

“Kunjungan ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana proses pengorganisasian warga dan pengelolaan kampung sebagai masukan berharga dalam pola kepemimpinan gerakan yang akan dilaksanakan Anies, ketika memimpin Jakarta nantinya,” jelas Khamim kepada kabarkota.com, Senin (17/7/2017).

Baca Juga:  Kembali Soroti Pelemahan KPK, AJAK akan Gelar Aksi di Yogya

Menurutnya, Yogyakarta dipilih sebagai awal studi bandingnya, karena sejumlah pertimbangan. Selain startnya Anies memang dari Kota Gudeg, pembangunan areal di Yogyakarta dipandang bisa ditransfer ke Jakarta. Contohnya, solidaritas masyarakat saat bencana gempa bumi dasyat melanda 2006 lalu.

Contoh lain lagi, lanjut Khamim, adalah komunitas bantaran sungai di Yogyakarta. Jika pada masa kampanye Pilgub DKI Jakarta beberapa saat lalu, Anies sempat berdiskusi dengan Komunitas sungai Code, maka pada kunjungan kali ini, giliran komunitas sungai Winongo yang akan disambangi mantan Rektor Universitas Paramadina tersebut.

Baca Juga:  Rekrutmen CPNS 2018, Hak Penyandang Disabilitas DIY belum Terpenuhi

Selanjutnya, Anies juga diagendakan bertemu dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X Gubernur DI Yogyakarta, silaturahim ke PP Muhammadiyah di Yogyajarta, Syawalan dengan Keluarga Besar Kahmi DIY, serta menghadiri syawalan bersama berbagai komunitas di Yogyakarta. (Ed-03)

SUTRIYATI