Sleman Bangun Destinasi Wisata Baru di Wilayah Argomulyo, Cangkringan

Ilustrasi (id.wikipidia.org)

SLEMAN (kabarkota.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat dan salah satu bank plat merah milik Pemda, beserta masyarakat sekitar membangun Pos Pantau Banjir Lahar Dingin di wilayah Argomulyo, Cangkringan, Sleman.

Bupati Sleman, Sri Purnomo saat meresmikan fasilitas baru tersebut pada Selasa (15/3/2016), mengatakan, selain bisa dimanfaatkan sebagai early warning system bagi masyarakat sekitar.

Baca Juga:  Aliansi Reformasi KUHP Yogya Kritisi 5 Pasal RKUHP yang Overkriminalisasi

“Pos pemantauan Argomulyo ini merupakan salah satu unsur pembantu pemantauan Posko Utama BPBD Sleman yang mengendalikan langsung CCTV di beberapa titik untuk memantau aktivitas Gunung Merapi dan aliran lahar dingin,” kata Bupati seperti dilansir laman Pemkab Sleman.

Tak hanya itu, Bupati Sleman juga berharap tempat tersebut bisa difungsikan sebagai destinasi wisata untuk menarik minat wisatawan.

Sebelum meresmikan pos pemantauan banjir lahar dingin di Argomulyo, Cangkringan, Sleman, Sri Purnomo juga melakukan peninjauan Posko Utama BPBD di Pakembinangun, Pakem, Sleman.

Baca Juga:  Agenda Kegiatan di Yogyakarta 9 - 13 April 2016

Posko tersebut merupakan Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops). Pusdalops adalah sebuah organisasi yang bertanggung jawab sebagai Pengelola  (Disaster Information Manager) sekaligus berfungsi sebagai Pengendali. (Rep-03/Ed-03)