Sultan Hamengku Buwono X Berpesan Kepada CPNS Baru, Poin Kedua Jadi Perhatian Khusus

YOGYAKARTA – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DIY mengadakan acara Teleconfrence dan Pembekalan CPNS. Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X yang didaulat menyampaikan pesan khusus kepada para CPNS tersebut mengingatkan bahwa sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang merupakan pilihan sendiri, hendaklah bisa menjadi PNS dan pejabat publik yang baik, demi melaksanakan tugas yang dibebankan.

Menurut Sultan, Menjadi pelayan publik adalah hal yang sangat penting, bukan sekadar mampu menjalankan tugas sesuai dengan job description, namun hendaknya jauh lebih kritis, bertanggung jawab, dan selalu berinovasi.

Baca Juga:  Perolehan Suara Jokowi - Ma'ruf Unggul di DIY

“Jalin komunikasi dengan baik, bukan hanya berbicara keras, namun harus tegas.”, jelas Gubernur DIY di Gedung Pracimosono Kepatihan Yogyakarta (22/01/2018).

Sultan mewanti-wanti kepada para CPNS untuk tidak terlibat menjadi pengguna maupun perantara peredaran narkoba. “Jadilah PNS yang tangguh sebagai pengayom masyarakat dan jangan melibatkan diri dalam tindakan pidana yang konsekuensinya akan berimbas pada keluarga.”

Kepala Kanwil Kemenkum dan HAM DIY, Gunarso dalam laporannya mengungkapkan bahwa dalam seleksi penerimaan CPNS 2017 secara nasional untuk formasi sarjana, DIY secara total telah menyumbangkan 237 orang putra-putri terbaik yang akan ditempatkan di seluruh Indonesia.

Baca Juga:  Bandara NYIA di Kawasan Rawan Bencana, Apa Antisipasinya?

Atas prestasinya yang menyumbangkan banyak CPNS untuk daerah lain ini, menurut Gunarso, Kanwil Kemenkumham DIY akhirnya mendapat penghargaan khusus dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) sebagai penyelenggara terbaik penerimaan CPNS di Indonesia.

“Kami dijadikan role model seleksi penerimaan CPNS bagi kementerian dan lembaga lain,” ungkap Gunarso di tempat sama.

Teleconference secara nasional bersama Menteri Hukum dan HAM RI ini yang diselenggarakan di Balai Kartini ini serentak pula diikuti oleh seluruh Kantor Wilayah Kemenkumham dan Gubernur di 33 Provinsi di Indonesia.

Baca Juga:  Polemik Sabda Raja HB X Tak Kunjung Usai, Kawulo Elit Mataram Gelar Topo Pepe

Pada kesempatan tersebut diserahkan pula SK CPNS secara simbolis oleh Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X kepada Dendy Zulkarnain Rangkayobasa dan Stefani Seravina Venti Maharani, S.Psi. Keduanya adalah CPNS yang diterima melalui seleksi CPNS yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenkumham DIY.

Reporter: Diah Pratiwi
Editor: Ara