Supermoon Terbesar Abad 21, Bisa Dinikmati Malam Ini

Ilustrasi (sumber: pinterest.com)

JAKARTA (kabarkota.com) – Fenomena bulan super atau supermoon bisa dinikmati di bulan ini. Fenomena ini akan terjadi pada Senin, (14/11/2016). Jika kamu melewatkan fenomena langka ini, kamu akan melihat fenomena semacam ini lagi dalam waktu terdekat setidaknya pada 25 November 2034.

“Bulan purnama di 14 November menjadi yang terdekat di abad 21. Bulan purnama tidak akan sedekat seperti ini hingga 25 November 2034,” ungkap pihak NASA dalam keterangan tertulisnya.

Supermoon merupakan kejadian di mana, Bulan akan berada di jarak terdekatnya dengan Bumi. Posisi Bulan sebenarnya sudah mulai mendekati bumi sejak Oktober 2016. Astronom dari Slooh Community Observatory, Bob Breman mengatakan untuk melihat Supermoon tidak memerlukan alat khusus.

Namun, jika ingin mendapatkan view yang bagus, disarankan untuk melihat dari tempat yang jauh dari polusi cahaya seperti di daerah perkotaan. Polusi cahaya dapat mengurangi kecerahan cahaya dari bulan.

Bulan purnama akan muncul pada ukuran terbesar dan paling terang sejak Januari 1948. Hal ini terjadi karena bulan mengorbit Bumi dalam bentuk orbit elips menyebabkan posisi yang lebih dekat dengan bumi dibanding biasanya.

Bagi para fotografer disarankan mengunduh aplikasi dan peta untuk melacak perubahan bulan supaya mendapatkan waktu yang tepat dalam mengambil gambar. Pejabat NASA dalam sebuah pernyataan menjelaskan, dengan dekatnya jarak tersebut, Bulan terlihat 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih cerah di langit.

Disarankan juga untuk menikmati supermoon ini, saat bulan mendekati cakrawala. kondisi ini dapat menciptakan ilusi optik yang akan membuat bulan terlihat lebih besar dan lebih menakjubkan.
(liputan6.com & harianjogja.com/Ed-04)