Tanggapan Walikota Yogya soal Insiden Bianglala di Sekaten

Ilustrasi: bianglala yang mengalami kerusakan hingga mengakibatkan sejumlah tempat duduk penumpang terbalik dan penumpangnya bergelantungan menyelamatkan diri. (dok. ICJ)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Viralnya video yang menggambarkan peristiwa mendebarkan ketika sebuah wahana permainan, bianglala di Pasar Malam Sekaten tiba-tiba terhenti dan sebagian penumpangnya bergelantungan karena tempat duduk mereka terbalik, mengundang perhatian banyak pihak. Salah satunya, Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti.

“Tadi pagi (Senin, 12/11/2018), kami sudah memanggil pihak penyelenggara untuk meminta keterangan soal itu,” kata Haryadi saat ditemui kabarkota.com, di Omah Ledok Yogyakarta, Senin (12/11/2018).

Baca Juga:  Sekaten 2019 tanpa Pasar Malam

Pihaknya meminta, agar wahana permainan yang bermasalah tersebut dihentikan sementara operasionalnya, sampai benar-benar terjamin keamanannya. Sementara bianglala yang lain dan tak bermasalah tetap beroperasi seperti biasa.

“Kalau mereka mengaku rugi (karena dihentikan sementara), ya masyarakat juga dirugikan, karena mau senang-senang malah jantungan,” tegas Walikota.

Karenanya, pihaknya juga meminta agar panitia penyelenggara meningkatkan pengawasan, pasca insiden yang mengakibatkan sejumlah orang mengalami luka-luka tersebut.

Baca Juga:  Kasus Dugaan Korupsi Proyek SAH, Saksi sebut Walikota Yogya juga Dimintakan Jatah Fee

Meski begitu, Haryadi mengimbau agar masyarakat tak terlalu khawatir pasca kejadian tersebut. “Silakan tetap datang ke sekaten,” ucapnya. (Rep-03)