Target Beroperasi April 2019, Ini Progres Pembangunan Bandara Baru di Kulon Progo

Ilustrasi: Maket bandara NYIA (dok. kabarkota.com)

SLEMAN (kabarkota.com) – Bandar Udara (Bandara) New Yogyakarta International Airport di wilayah Temon, Kulon Progo, DIY ditargetkan beroperasi pada April 2019 mendatang.

Hanya saja, terkait progres pembangunan fisik bandara, Project Manager Bandara NYIA, Taochid Purnomo Hadi mengaku saat ini baru sekitar 10%. “Tapi semua bangunan dibangun bersama-sama, sehingga target April 2019 dioperasikan 50% insya Allah bisa terlaksana,” kata Taochid kepada wartawan di Sleman, Rabu (14/11/2018).

Pada awal tahun 2020, lanjut Taochid, bandara NYIA baru akan beroperasi sepenuhnya. Sedangkan, rencana pengoperasian 50% bandara baru tersebut akan diutamakan untuk rute penerbangan internasional. Sementara untuk penerbangan domestik masih tetap di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

Sementara General Manager Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama menyebut, dalam sehari, total penerbangan di bandara Yogyakarta sebanyak 188. Untuk penerbangan internasional baru empat. itu pun masih sebatas pesawat kecil karena runway bandara tak memungkinkan untuk pendaratan pesawat terbang berkapasitas besar.

“Nantinya seluruh penerbangan internasional akan dipindahkan ke bandara NYIA,” jelas Pandu.

Marketing and services Director PT Angkasa Pura I (Persero), Devy Suradji menambahkan, sejumlah maskapai penerbangan asing dari Timur Tengah, Cina, dan Australia juga sudah mengajukan diri untuk melengkapi rute internasional di bandara NYIA. (Rep-02)