Tebing di area Penambangan Pasir Lereng Merapi, Longsor

Area tebing yang longsor di kali gendol (dok. Istimewa)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Tebing setinggi kurang lebih 100 meter longsor di area penambangan pasir Kali Gendol, tepatnya di timur Dusun Kopeng, pada Selasa (12/3/2019). Hal tersebut diketahui dari rekaman video yang beredar di jejaring sosial.

Dalam video berdurasi 30 detik tersebut, tergambar kepanikan orang-orang yang tengah berada di sekitar lokasi longsor, dengan truk-truk pengangkut pasir.

Perwira Regu Piket di Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC BPBD DIY), Eko Sulistyawan, saat dikonfirmasi kabarkota.com, membenarkan bahwa peristiwa tersebut memang terjadi sekitar pukul 08.00 WIB.

“Tiba-tiba tebing sisi timur kali gendol ambrol, padahal tidak ada hujan,” ungkap Eko.

Pihaknya menduga, longsor terjadi akibat tebing yang curam, dan tanah atasnta gembur karena dulu tanamannya sering dipupuk.

Meski demikian, Eko menegaskan, tak ada korban jiwa dalam kehadian tersebut. Namun, pihaknya tetap mengimbau agar para penambang tak terlalu dekat dengan tebing, serta perlunya tindakan tegas dari pemangku kebijakan.

Sementara di Klaten Jawa Tengah, kata Eko, peristiwa serupa juga terjadi di area penambangan pasir Kali Woro. Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 07.00 WIB ini mengakibarkan seorang penambang pasir manual meninggal dunia. (Ed-03)