Selain Dampak Negatif, Ternyata Gadget Sangat Bermanfaat Untuk Tumbuh Kembang Anak

Ternyata Gadget Sangat Bermanfaat Untuk Tumbuh Kembang Anak

Perkembangan anak zaman sekarang tampaknya lebih senang menghabiskan waktu bersama gadget dibanding bermain di luar rumah bersama. Padahal bermain di luar rumah lebih banyak manfaatnya untuk tumbuh kembang anak

Terlebih lagi telah banyak studi ahli menemukan adanya efek negatif yang dapat ditimbulkan pada penggunaan gadget berlebihan sejak dini, mulai dari risiko obesitas sampai dengan gangguan lambat bicara yang bisa terjadi pada anak usia dini

Faktanya anak-anak saat ini dihadapkan dengan jaman kemajuan teknologi yang sangat pesat sehingga suka ataupun tidak generasi sekarang sudah terpapar teknologi sejak lahir dengan sendirinya.

Selain itu tak bisa dipungkiri juga bahwa kecanggihan teknologi yang satu ini bisa menjadi senjata ampuh untuk menenangkan anak yang rewel pada saat orangtuanya lagi sibuk atau menerima tamu di rumah.

Manfaat Gadget Untuk Tumbuh Kembang Anak

Nah, kabar baiknya, para pakar kesehatan kini justru membolehkan anak main gadget, lho. Bahkan, katanya hal ini bisa membantu mendukung tumbuh kembang anak. Bagaimana bisa? Berikut ulasan lengkapnya

1. Anak akan lebih cerdas memilih informasi

Dengan terbiasa menggunakan gadget, Si Kecil terbiasa mendapatkan banyak informasi dalam sekali klik. Kedepannya ia akan lebih mahir dalam memilah informasi yang ia butuhkan

2. Merangsang keterampilan motorik

Saat memegang smartphone atau tablet, si kecil akan melibatkan koordinasi mata dan gerakan jari-jari tangannya untuk membuka aplikasi sampai berhasil main game.

Ia akan mengikuti arahan kursor saat bermain, menekan tombol kanan atau kiri, atau menunjuk benda-benda yang diinginkan. Hal ini membuktikan bahwa secara tidak langsung, kehadiran gadget dapat melatih kemampuan motorik anak di masa pertumbuhannya.

3. Cepat Mengambil Keputusan

Permainan yang sering dijumpai pada gadget ini diyakini dapat merangsang cara berpikir anak untuk memecahkan masalah supaya bisa terus maju ke level selanjutnya. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi khawatir bahwa keseringan main gadget akan berdampak buruk bagi perkembangan kognitif anak.

4. Merangsang anak untuk berpikir kreatif

Semakin berkembangnya teknologi, sekarang ini sudah tersedia gadget baru yang memadukan metode gambar konvensional (dengan kertas dan pensil atau krayon) dengan metode teknologi digital. Maksudnya, Anda bisa mengajarkan anak mewarnai tanpa menggunakan krayon, tapi hanya tinggal menyentuh atau menggerakkan kursor pada layar gawai saja.

Dengan kegiatan mewarnai, anak akan tertarik untuk berpikir kreatif dengan memadukan berbagai warna ke dalam satu gambar favorit si kecil. Cara ini dapat membantu anak menuangkan ide dan kreativitasnya dengan cara baru yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya.

5. Dapat menumbuhkan kebiasaan berbuat baik

Dengan games yang tepat, Si Kecil juga dapat meniru kebiasaan-kebiasaan baik. Hal ini bisa terjadi karena anak-anak cenderung mencontoh apa yang dilakukan oleh karakter dalam games tersebut.

Lihat juga : 10 Cara Hindarkan Anak Dari Kecanduan Main Gadget

Apa yang bisa kita lakukan agar tumbuh kembang anak tetap terjaga

Walaupun memiliki dampak positif, orang tua harus memiliki aturan dan batasan yang jelas tentang penggunaan gadget. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengerem agar anak-anak tak terlalu berfokus pada smartphone?

American Academy of Pediatrics menyarankan penggunaan gadget bagi Si Kecil:

1. Untuk anak-anak di bawah 18 bulan

Hindari penggunaan media layar selain video-chatting. Orang tua dari anak usia 18 sampai 24 bulan yang ingin mengenalkan media digital harus memilih pemrograman berkualitas tinggi. Lalu dampingi dan awasi penggunaannya agar ia mengerti apa yang dilihatnya.

2. Untuk anak usia 2 sampai 5 tahun

Batasi layar hingga 1 jam per hari dengan program berkualitas tinggi. Dampingi saat Si Kecil menggunakan gadget agar tetap ada interaksi. Misalnya, Anda dapat menanyakan binatang apa saja yang terdapat dalam layar, warna apa saja yang terdapat dalam layar, dan lain-lain

Sudahkah Tumbuh Kembang Si Kecil Sesuai Usianya?