Tertahan di Perbatasan DIY-Jateng, Massa Aksi Solidaritas Rohingya Lakukan Longmarch

Puluhan massa aksi dari salah satu ormas Islam yang melakukan aksi longmach setelah kendaraan mereka tertahan di perbatasan DIY- Jateng, Jumat (8/9/2017) siang (sutriyati/Kabarkota.com)

MAGELANG (kabarkota.com) – Puluhan massa aksi dari berbagai ormas Islam di Yogyakarta melakukan aksi longmach di perbatasan DIY- Jawa Tengah (Jateng), tepatnya di dusun Jagang Kidul, Desa Salam, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Provinsi Jateng, pada Jumat (8/9/2017) siang. Aksi longmach ini sengaja dilakukan, setelah kendaraan mereka tertahan di perbatasan.

Fadli, salah satu warga Prambanan Sleman yang sengaja berangkat ke Magelang bersama rombongan dua bus mengaku kecewa, dengan penghalauan oleh pihak aparat keamanan gabungan DIY- Jateng tersebut.

“Kami sengaja ingin bergabung dengan massa aksi di Magelang, sebagai bentuk kebersamaan, sekaligus solidaritas untuk Rohingya,” jelas Fadli kepada kabarkota.com

Dari pantauan kabarkota.com, hingga jelang siang, sejumlah massa aksi dari berbagai ormas, seperti Mujahidin, dan Kokam yang kendaraannya tertahan di perbatasan, melakukan aksi longmach dengan membentangkan spanduk.

Sebelumnya, Kapala Bidang (Kabid) Humas Polda DIY, Yulianto juga telah mengimbau agar ormas-ormas Islam yang akan bergerak ke Magelang mengurungkan niat mereka.

Hingga berita ini diturunkan, ratusan personel keamanan gabungan masih disiagakan di wilayah perbatasan DIY – Jateng untuk mengamankan, sekaligus menghalau mobilitas massa aksi yang bergerak menuju Magelang. (Ed-03)

SUTRIYATI