Tiga Tips Mencegah Kena Flu

Ilustrasi (sumber: express.co.uk)
 
YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Musim hujan menjadi waktu yang rentan akan penyakit. Mulai demam, sakit kepala, serta hidung tersumbat disebabkan flu yang berpotensi menghalangi kesibukan serta produktivitas seseorang. Berikut tiga tips agar Anda terhindar dari flu.
 
1. Olahraga
Langkah paling ampuh untuk menghindar penyakit flu adalah meningkatkan kekebalan tubuh dengan berolahraga. Olahraga bisa dilakukan minimal berupa olahraga fisik 30 menit setiap harinya.  Selain itu perlu juga menjaga pola makan agar dapat mendorong sistem kekebalan tubuh. Hal ini penting karena vaksin flu cuma kurangi resiko terserang flu sekitar 60%.

2. Cuci Tangan

Biasakanlah mencuci tangan setiap kali selesai beraktivitas. Ini untuk mengurangi risiko kuman yang tertinggal selepas Anda bekerja atau sekolah. Lama membersihkan tangan yang baik rata-rata 20 detik, tetapi sebagian besar cuma menghabiskan 6 detik. Bersihkan sela-sela jemari dengan sabun serta membasuhnya dibawah air mengalir bakal meluruhkan kuman.
 
3. Waspadai Kuman tersembunyi
Kuman bisa berasal dari ketika Anda membuka pintu, lalu menyentuh mata, hidung serta selaput mulut dan akhirnya menyebar. Secara teratur usahakan bersihkan kemudi mobil, pegangan pintu, keran wastafel, serta keyboard komputer di ruang kerja minimal satu minggu sekali untuk menghindari bakteri tersembunyi.  Kuman flu bisa hidup sampai 6 kaki di udara dan bertahan 2-8 jam dalam permukaan keras. (kucobasehat.blogspot.com)