Tips Meminimalisasi Risiko Bahan Makanan Mengandung Pestisida

Ilustrasi. (Sumber: merdeka.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Saat ini, banyak jenis buah dan sayuran yang sangat tinggi tingkat kontaminasinya atas pestisida. Pestisida memiliki efek samping sangat buruk bagi kesehatan. Membersihkan pestisida tidak cukup mencuci dengan air. Dengan mencuci buah ataupun sayuran dengan air tidak bisa langsung menghilangkan pestisidan dan bakteri yang melekat. Berikut alternatif cara membersihkan bahan makanan mengandung pestisida.

1. Saat mencuci memberikan campuran dari bahan alami yang terdiri dari air dan cuka dengan perbandingan 3:1. Ini bertujuan untuk melenyapkan berbagai macam bakteri dan zat kimiawi berbahaya dari pestisida yang melekat pada bagian luar buah dan sayuran dengan persentase keberhasilannya mencapai 98%. Caranya, buah-buahan atau sayuran direndam dalam campuran ini selama 10 sampai 20 menit. Kemudian, membilasnya dengan air bersih. Atau, bisa juga menuangkan campuran bahan alami ini ke dalam botol dengan sprayer untuk kemudian menyemprotkannya pada buah dan sayuran. Biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Baca Juga:  Anda Pelupa? 9 Tips Sederhana Buat yang Pelupa

2. Selain itu, bisa juga dengan memberikan campuran bahan alami. Misalnya, satu sendok makan jus lemon, dua sendok makan baking soda dan 1 cangkir air. Setelah dicampur, gunakan untuk merendam bahan makanan yang akan diolah atau dikonsumsi. Atau bisa juga dengan 1 sendok makan jus lemon, 2 sendok makan cuka sari apel dan 1 cangkir air.

3. Jika merasa bahwa bahan kimiawi dari pestisida yang menempel pada sumber makanan dengan kadar sangat tinggi, bisa juga dengan cara merendamkan/mencuci dengan campuran 1 cangkir air, setengah cangkir cuka sari apel, 1 sendok makan baking soda, dan beberapa tetes ekstrak biji anggur. Lama waktu peremdaman kira-kira satu jam. Setelah selesai, bilas dengan air bersih sebelum dikonsumsi. (urbanoustics.blogspot.com)

Baca Juga:  Ini Alasan Muhammadiyah Keluarkan Fatwa Haram Vape