Tips Menghemat Baterai HP Android

Ilustrasi (sumber: blog.lazada.co.id)

JAKARTA (kabarkota.com) – Salah satu keunggulan dari produk Hand Phone (HP) Android adalah dapat mengunduh banyak aplikasi guna membantu kegiatan sehari-hari, karena bisa terhubung langsung dengan internet.

Namun, di sisi lain, baterai pada HP jenis ini cenderung boros, karena terkuras untuk aktifitas di dunia maya. Tapi jangan khawatir, ada solusi untuk bisa menghemat baterai HP Android agar tidak mudah ngedrop. Berikut tujuh tips yang bisa dipraktekkan:

1.  Mengalihkan Koneksi

Tidak stabilnya sinyal data 3G yang ditangkap hp android dapat menguras daya baterai untuk mencari sinyal terbaik. Untuk menghematnya, maka saat berada di lokasi HotSpot, sebaiknya koneksi selular dimatikan. Dengan menggunakan wifi, koneksi internet tetap dapat digunakan, tanpa boros daya.

Baca Juga:  Film Jilbab Traveler LSIK: Romantika Cinta Petualang dalam Balutan Syar'i

2. Matikan WiFi & Bluetooth
Saat tidak memerlukan koneki WiFi atau pun bluetooth, sebaiknya aplikasi tersebut dimatikan untuk mengurangi pemborosan daya baterai.

 3. Matikan GPS
Fasilitas GPS pada hp android memang sangat berguna sebagai petunjuk arah, namun jika tidak diperlukan sebaiknya GPS dimatikan. Caranya, Gulir kebawah pada home screen, tap pada ikon GPS (Baca juga: Tips agar HP dan Tablet Layar Sentuh Anda Awet)

Baca Juga:  Target Beroperasi April 2019, Ini Progres Pembangunan Bandara Baru di Kulon Progo

4. Mematikan Fitur Sync
Hp android memudahkan Anda mengetahui notifikasi email, facebook dan aplikasi lain secara live, namun jika terlalu memerlukannya, lebih baik aplikasi ini tidak diaktifkan. Toh update terbaru masih bisa diikuti dengan menggunakan aplikasi lain.

5. Kurangi Brigtness Layar
Ketajaman cahaya layar juga menjadi faktor terbesar yang membuat baterai hp android cepat drop. Jadi, tidak ada salahnya mengurangi brightness layar. (Baca juga: Tips Mengatasi Program Not Responding pada Windows)

6. Kurangi Volume & Matikan Getar
Langkah penghematan baterai selanjutnya adalah dengan  matikan fitur getar (vibrate) dan kurangi volume untuk lebih hemat baterai.

7. Dapatkat Aplikasi Task Killer atau Baterai Dr. Saver

Terakhir, gunakan aplikasi-aplikasi yang tersedia pada pusat download pada hp android yang dirancang untuk meningkatkan kinerja dan menghemat baterai hp android. Di antaranya, Task Killer atau Baterai Dr. Saver. kedua aplikasi ini dapat mematikan aplikasi yang sedang berjalan dan tidak terlihat, dengan aplikasi yang tertumpu pada hp android sehingga baterai pun dapat lebih dihemat. (blog.lazada.co.id)

Baca Juga:  Dibuli di Sosmed, Ini Doa Haji Lulung untuk Netizen