Tips Mengobati Sariawan Secara Alami dan Cepat

Ilustrasi. (Sumber: palingseru.com)

YOGYAKARTA (klabarkota.com) – Sariawan menjadi salah satu penyakit yang biasanya menyerang bagian mulut. Penyakit ini bisa dikategorikan penyakit ringan. Meski ringan, penyakit ini bisa mengganggu kenyamanan saat berbicara atau menyantap makanan.

Sariawan biasanya disebabkan kekurangan vitamin C, mulut yang tidak bersih, atau luka pada mulut akibat tergigit waktu makan atau bercanda dengan teman-teman. Berikut tips mengabati sariawan secara alami dan cepat.


1. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih ternyata tak hanya dapat digunakan sebagai bumbu masakan, tetapi bawang ini juga mampu mengusir sariawan. Caranya, Anda hanya perlu menempelkan bawang putih yang sudah di iris-iris ke bagian mulut yang sariawan. Anda hanya perlu melakukan pengobatan alami ini secara rutin sampai sariawan benar-benar menghilang dari mulut.

Baca Juga:  Peneliti Pustral UGM: Ojek Online itu Solusi Sementara


2. Menggunakan Minyak Kelapa dan Madu

Konon, minyak kepala mengandung zat anti bakteri yang mampu mengusir bakteri-bakteri penyebab sariawan. Ketika ingin menggunakan bahan alami ini sebagai obat sariawan, Anda bisa mencampurkan minyak kelapa dengan madu. Kemudian, mengoleskan campuran bahan alam ini ke mulut yang sariawan. Pengobatan sariawan alami ini bisa dilakukan ketika akan beranjak tidur.


3. Mengkonsumsi Buah-Buahan

Buah-buahan mengandung banyak zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya buah-buahan ini kaya akan vitamin C. Ketika sedang sariawan, cara mengobatinya bisa dengan menngonsumsi buah-buahan. Bukankah sariawan disebabkan karena mulut kekurangan vitamin C? Nah, untuk mencukupi kebutuhan vitamin C, Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan secara rutin, misalnya buah jeruk.

Baca Juga:  Tiga Langkah Membuat Hubungan Anda Berkualitas tanpa Gadget


4. Menggunakan Yogurt

Yogurt adalah susu yang sudah difermentasi. Susu fermentasi ini tak hanya bagus untuk kesehatan usus, tetapi juga bisa digunakan sebagai obat sariawan. Menurut sebuah hasil penelitian penelitian, yogurt mengandung zat yang bisa menyeimbangkan bakteri yang ada di mulut Anda. Ketika bakteri jahat dan bakteri baik seimbang, sariawan akan cepat disembuhkan. Yogurt juga berfungsi sebagai obat pencegahan untuk penyakit sariawan. (www.initips.com)

Baca Juga:  Forum Anak Sleman Prihatin Dampak Buruk Penggunaan Gadget pada Anak