Tips Merancang Keuangan di Usia 20-an

Ilustrasi. (Sumber: viva.co.id)
JAKARTA (kabarkota.com) – Merancang keuangan merupakan hal penting bagi kebanyakan kaum muda saat berusia usia 20-an. Membuat keputusan yang cerdas atas uang yang Anda miliki saat ini menjadi kunci untuk memperoleh kehidupan makmur ke depan. Berikut tips keuangan yang bisa Anda coba di usia 20-an.
1. Tetapkan tujuan yang realistis
Bermimpi dan menetapkan tujuan yang realistis akan membuat Anda akan melakukan sesuatu hal sesuai kemampuan. 
2. Segera, setelah tahu apa yang Anda inginkan, buatlah rencana untuk membuatnya terjadi. 
Buatlah catatan hal-hal kecil yang dapat dan akan Anda lakukan untuk membuatnya nyata. Misalnya, menabung sekian rupiah setiap bulannya atau naiklah angkutan umum untuk berangkat kerja ke kantor. Tetapkan tenggat waktu untuk memenuhi tujuan Anda. 
3. Cobalah membuat anggaran bulanan 50-30-20
Baca Juga:  Kenali Gejala Diabetes dengan 3P
Tidak tahu bagaimana caranya membuat anggaran bulanan? Ini berarti, 50 persen dari pendapatan Anda harus dipergunakan untuk membayar tagihan, tagihan bulanan, dan kebutuhan belanja bulanan lainnya. 30 persen dari pendapatan Anda, dapat dipergunakan untuk biaya gaya hidup. Sedangkan 20 persen sisanya harus Anda tabung.
4. Batasi tinggal di rumah bersama orangtua
Tinggallah bersama orangtua Anda sampai umur 25 tahun misalnya, dan simpanlah uang Anda yang harusnya dipergunakan untuk membayar makanan dan menyewa rumah. Saat usia mencapai 25 tahun ke atas, setidaknya bisa menyimpan sejumlah uang yang bisa dipergunakan untuk membayar uang muka cicilan rumah.
5. Belanjakan uang sesuai kebutuhan
Bagaimana pun, gaya hidup konsumerisme ini dapat mengganggu perencanaan tujuan keuangan jangka panjang. Yang perlu Anda lakukan, hiduplah dan belanjakan uang seolah-olah Anda mendapatkan kurang dari apa yang Anda dapatkan saat ini.
Baca Juga:  Tegak Miras Oplosan, Warga Mlati Sleman Alami Kebutaan
6. Buatlah rencana auto debit
Langkah ini bukan hanya dapat menyelamatkan uang Anda, tapi juga membuat tabungan Anda berkembang melalui investasi yang dibuat oleh manager investasi Anda.
7. Investasi
Investasi sebenarnya bukan hal yang mahal berinvestasi pada saham dan reksa dana. Masih ada beberapa perusahaan pialang saham. atau reksa dana yang menawarkan cara terjangkau buat Anda untuk mempunyai simpanan jangka panjang bahkan dengan investasi yang cukup kecil. 
Meski risikonya cukup besar, lakukanlah riset terlebih dahulu dan bandingkan harga di pasaran sebelum membuat keputusan. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan pialang saham Anda dan pastikan Anda mendapatkan skema investasi terbaik dan paling cocok dengan kondisi keuangan.
8. Asuransikan diri Anda
Baca Juga:  Pemerintah Bangun 100 Taman Sains dan Teknologi
Lindungi diri Anda dari kecelakaan, asuransikan diri Anda. Semakin muda usia Anda, semakin rendah biaya yang Anda keluarkan untuk asuransi, karena masuk dalam kategori lebih sehat daripada orang-orang yang sudah berusia lanjut.
9. Hindari jebakan kredit
Pergunakan pembiayaan toko, kartu kredit, serta kredit tanpa agunan dengan bijaksana. Jika tidak mengontrol dengan baik, utang Anda akan menjadi spiral dan sulit untuk dikendalikan. Sebelum membeli sebuah barang dengan cara kredit, pikirkan baik-baik terlebih dahulu apakah barang tersebut dapat bertahan lama. 
10. Carilah sumber pendapatan lain selain gaji
Salah satu cara cepat buat Anda untuk dapat menabung banyak uang adalah lihat kemampuan pada diri. Manfaatkan kemampuan yang Anda miliki untuk memperoleh penghasilan tambahan. Sementara itu, gaji bulanan dapat digunakan untuk sedikit menikmati kehidupan. (viva.co.id)