Tips Mudik Aman Bersepeda Motor

Ilustrasi (suara.com)

JAKARTA (kabarkota.com) – Idul Fitri menjadi momentum yang tepat untuk masyarakat saling bersilaturrahim. Termasuk, para perantau yang memanfaatkan kesempatan ini untuk pulang kampung atau mudik.

Selain menggunakan angkutan publik, sebagian pemudik juga memilih untuk menggunakan sepeda motor untuk kembali ke kampung halaman, dengan berbagai pertimbangan. Nah, supaya mudik tetap aman dan nyaman meskipun menggunakan sepeda motor, berikut tips dari Divisi Humas Mabes Polri:

Baca Juga:  Pemerintah Gratiskan Mudik dengan Kapal Laut

1. Sebelum berkendara, pastikan fisik dan mental dalam kondisi sehat dan siap untuk berkendara, kemudian siapkan kelengkapan dalam berkendara,

2. Beberapa hal yang perlu disiapkan dalam berkendara motor seperti menggunakan helm SNI, mengenakan jaket pelindung dada dan celana panjang yang pas dan nyaman di tubuh.

3. Kemudian gunakan sepatu dan tidak dianjurkan menggunakan sandal dan bertelanjang kaki.

4. Jangan lupa membawa SIM dan STNK, pakai sarung tangan dan siapkan sabuk pengaman bila membonceng anak,

Baca Juga:  Risiko Kolesterol Tinggi Diusia Muda

5. Pastikan kelayakan kendaraan seperti memeriksa tekanan angin ban, mengecek ketebalan alur ban, memeriksa rem depan dan belakang, lampu sign, stang dan lainnya.

6. Pastikan bensin sepeda motor terisi full atau mencukupi. Kemudian sesuaikan posisi kaca spion dengan benar agar pandangan lebih luas. (Rep-03/Ed-03)