Tips tetap Sehat di Bulan Ramadhan

Ilustrasi (sumber: iberita.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Bulan Ramadhan menjadi masa yang cukup rentan bagi seseorang terserang penyakit, karena daya tahan tubuhnya yang cenderung menurun, saat berpuasa.

Oleh karenanya, Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Masalah Kesehatan (P2MK) Dinas Kesehatan, Daryanto Chadorie mengimbau, agar masyarakat meningkatkan pola hidup bersih dan sehat selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Menurutnya, pola hidup sehat dapat diwujudkan dengan mengkonsumsi makanan higienis dan bergizi, seperti sayuran, dan buah setiap hari.(Baca juga: 8 Tips Lancar Berpuasa)

Baca Juga:  Pemberantasan Terorisme Indonesia Terbaik tapi...

"Selain itu, untuk kebutuhan cairan tubuh jangan lupa meminum air putih minimal 8 gelas per hari sebelum menjalankan puasa," kata Daryanto seperti dikutip Antara, Jumat (26/6).(Baca juga: Ini Warna Buah-buahan yang Baik untuk Kebutuhan Nutrisi Harian)

Lebih dari itu, ucap Daryanto, masyarakat juga harus lebih selektif terhadap jajanan untuk berbuka puasa yang dijual di pinggiran jalan, dengan memperhatikan warna dan bentuk fisik makanan. Sebab, makanan dengan warna yang mencolok umumnya menggunakan zat pewarna yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Baca Juga:  Di Negeri Ini, Para Model Kerempeng Terancam Denda Rp 1 Milyar

Aktivitas olahraga minimal 30 menit per hari pun baik untuk menjaga kebugaran tubuh.