Tujuh Hal Seputar Kolesterol yang Perlu Anda Ketahui

Ilustrasi. (Sumber: liputan6.com)

JAKARTA (kabarkota.com) – Berbagai lembaga kesehatan dan dokter selalu menyarankan untuk hidup sehat dan menjaga kadar kolesterol. Sebabnya, kolesterol menjadi salah satu penyebab utama penyakit jantung. Tubuh seseorang membutuhkan kolesterol untuk membentuk dinding sel serta bahan baku beberapa hormon dalam tubuh. Namun, kadar kolesterol yang terlalu tinggi lama kelamaan akan menumbat aliran darah.

 
Berikut hal-hal seputar kolesterol yang perlu anda ketahui:

 
1. Tak Ada Minumam Kolesterol untuk Diet

Organ hati seseorang sudah memproduksi cukup kolesterol yang dibutuhkan tubuh. Menurut Asosiasi Jantung Amerika, konsumsilah kolesterol kurang dari 300mg tiap hari dan di bawah 200mg kolesterol apabila memiliki penyakit jantung atau kadar kolesterol yang tinggi.

 
2. Kolesterol tinggi bisa karena Keturunan

Meski tidak dominan, faktor keturunan atau genetik menjadi penyebab seseorang memiliki level kolesterol tinggi.
 
3. Anak Kecil juga Berpotensi Terkena Kolesterol Tinggi 
Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat menyarankan melakukan proses screening kepada seorang anak yang menginjak usia 10 tahun. Timbunan lemak dalam aliran darah dapat berkembang saat masa kecil dan terus menumpuk hingga dewasa.
 
4. Berkurangnya beratbadan dapat menurunkan kadar kolesterol 

Jika anda kelebihan berat badan, cobalah mengurangi 5 hingga 10 persen dari berat tubuh anda. (Baca juga: Risiko Kolesterol Tinggi Diusia Muda)  

 
5. Untuk Perempuan, Kadar Kolesterol Cenderung Naik setelah Menopause
Namun setelah menopause, hormon perempuan berjalan sangat lambat dan akan menyebabkan kenaikan kolesterol dalam tubuh.

 
6. Benjolan Kecil di Kulit Tanda Seseorang Memiliki Kadar Kolesterol Tinggi.

Benjolan kecil di kulit (xanthoma) merupakan penimbunan lemak dan mampu membentuk tumor yang biasanya ditemukan dibawah kulit. hal ini disebabkan gangguan metabolisme kolesterol. Biasanya terjadi diusia lanjut.
 
7. Asupan Kolesterol Terlalu Sedikit dapat Menyebabkan Penyakit Berbahaya

Meskipun masih dalam tahap riset, kadar kolesterol dibawah 160mg/dL berpotensi meningkatkan resiko beberapa jenis kanker, depresi, dan untuk wanita yang dalam masa hamil berisiko terjadi kelahiran prematur. (liputan6.com)

Baca Juga:  Berwisata sembari Uji Nyali di Pantai Timang Gunung Kidul