UAJY Luncurkan Chinese Corner

SLEMAN (kabarkota.com) – Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) meluncurkan Chinese Corner, pada Jumat (15/3/2019).

Rektor UAJY, Gregorius Sri Nurhartanto mengungkapkan, Chinese Corner ini merupakan salah satu bentuk kerjasama kampus UAJY dengan Nanjing Xiaozhuang University (NXU). Corner ini nantinya secara bertahap akan dilengkapi dengan buku sejumlah 1.000 serta barang-barang seni China.

“Dengan dibukanya Chinese Corner ini, kami berharap para mahasiswa di UAJY bisa mengoptimalkan segala pencarian dan penggalian informasi yang berkaitan dengan negara China,” kata rektor UAJY, dalam siaran pers yang diterima kabarkota.com, Jumat (15/3/2019).

Menurutnya, kerja sama UAJY dengan NXU telah dimulai sejak akhir tahun 2016 lalu. Kegiatan yang telah dilakukan, di antaranya student dan staff mobility melalui program student exchange dan short course program yang diikuti oleh mahasiswa Program Studi Manajemen, Akuntansi, Teknik Industri, Teknik Informatika, Ilmu Komunikasi, Teknik Sipil dan lainnya.

Dalam Staff Mobility Program, jelas rektor, pihaknya menghadirkan dosen dari NXU untuk menjadi narasumber dan peserta dalam Short Course Program yang diselenggarakan Fakultas Teknobiologi UAJY bersama dengan tiga mahasiswa mereka, serta sebagai narasumber dalam konferensi yang diselenggarakan Program Teknik Informatika UAJY.

Guna peningkatan kualitas layanan pendidikan, khususnya layanan literasi untuk mahasiswa, UAJY juga memperhatikan pengembangan kemampuan staf. Untuk itu pada bulan November 2018 lalu, Kepala Perpustakaan UAJY berkunjung ke NXU diikuti dengan pemagangan staf Perpustakaan UAJY untuk mempelajari sistem layanan perpustakaan modern.

Selain itu, bentuk kerja sama lain yang telah ditindaklanjuti oleh Fakultas Bisnis dan Ekonomi dan Teknologi Industri adalah Program 2+2 untuk program S1 pada Program Studi Manajemen dan Teknik Industri. Dalam dokumen yang telah disepakati bersama, kerja sama yang dilakukan dengan NXU bukan hanya berhubungan dengan aspek akademis semata, namun juga akan menyentuh budaya China maupun Indonesia.

Sementara pada bulan Maret 2019 ini, UAJY akan diselenggarakan Short Course Program yang dikelola oleh Program Studi Teknik informatika bagi 52 mahasiswa NXU dengan tema “Exploring Javanese Heritage Through Information Technology.”

“Program ini terdiri dari kegiatan perkuliahan di kelas, kunjungan industri, kunjungan wisata dan pengenalan budaya Jawa yang dilengkapi kursus singkat Bahasa Indonesia. Kegiatan seperti ini juga akan terus diselenggarakan setiap tahun dengan melibatkan program-program studi lainnya,” tegasnya. (Ed-04)