UGM Buka Lowongan Guru Perintis di Papua

Ilustrasi (sumber:rob13y.wordpress.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Pusat Pengembangan Kapasitas dan Kerjasama (PPKK) Fisipol dan Pokja Papua UGM Yogyakarta membuka lowongan penerimaan 60 formasi guru perintis daerah untuk Provinsi Papua.

Kepala PPKK FISIPOL UGM, Bambang Purwoko baru-baru ini mengatakan, program ini bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan guru di Kabupaten Puncak, guna mempercepat peningkatan akses pendidikan di wilayah tersebut. Mengingat, sejak pemekaran wilayah pada tahun 2008 lalu,  hingga kini Kabupaten Puncak masih kekurangan tenaga guru.

“Melihat hasil dan manfaat dari program guru perintis 2013 lalu, makanya kami membuka kembali program ini,” jelas Bambang.

Bambang menjelaskan bahwa sebelumnya, pada Bulan Oktober 2013 lalu, pihaknya juga telah  menerjunkan 33 orang guru perintis.Program rekrutmen guru perintis kali ini, kata Bambang,  terbuka untuk para sarjana kependidikan maupun sarjana non kependidikan. Mereka nantinya akan ditugaskan untuk mengajar jenjang PAUD/TK, SD, SMP, SMA dan SMK.

Sedangkan, bidang studi yang dibutuhkan di antaranya, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Komputer/IT, Geografi, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Olahraga, Seni dan Budaya, Pertanian (Agronomi dan Agrobisnis), dan Perkebunan.

Laman ugm.ac.id melansir, pendaftaran rekrutmen guru perintis ini telah dibuka sejak 22 Oktober lalu, hingga 19 November 2014 mendatang, baik datang langsung ke sekretariat maupun melalaui akses online di www.pokjapapua.blog.ugm.ac.id.

SUTRIYATI