Warga Kota Yogya Kini bisa Urus Akte Kelahiran Lewat Ponsel

Ilustrasi (plus.google.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Warga Kota Yogyakarta yang hendak mengurus Administrasi Kependudukan (Adminduk) termasuk membuat akte kelahiran kini dapat melakukannya dengan lebih mudah dan praktis. Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, Senin (21/3/2016) meluncurkan layanan adminduk online yang bahkan bisa diakses melalui handphone.

Sekretaris Daerah Pemkot Yogyakarta, Titik Sulastri mengatakan, dokumen Adminduk, khususnya akta kelahiran merupakan dokumen otentik identitas seseorang yang sangat penting dan wajib dimiliki oleh setiap warga Negara Indonesia.

“Bagi Pemerintah, pemanfaatan layanan ini dapat membantu untuk mencatat dan mengadministrasikan penduduk secara tertib. Untuk itu kepada seluruh warga Kota Yogyakarta, kami menghimbau untuk memanfaatkan fasilitas ini se optimal mungkin untuk membantu kepengurusan dokumen adminduk yaitu Akta Kelahiran, akta kematian, maupun pindah tempat tinggal”, katanya, seperti dikutip laman Pemkot Yogyakarta.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Yogyakarta, Sisruadi menambahkan, program ini bisa diakses dari manapun, sehingga warga tidak perlu datang berkali-kali ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk mengutus akta.

“Masyarakat hanya cukup sekali datang sekali saja, dengan membawa berkas yang diverifikasi, ditukar dengan akta. Masyarakat bisa mengurus akte kelahiran dengan mengakses situs http://kependudukan.jogjakota.go.id/online atau http://sipakjogja.simda.net,” jelasnya. (Rep-03/Ed-03)