Waspadai Risiko Buruk Kelebihan Konsumsi Protein

Ilustrasi. (Sumber: liputan6.com)
JAKARTA (kabarkota.com) – Mengonsumsi protein memang penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Namun demikian, apabila terlalu banyak juga bisa memiliki risiko buruk bagi pengonsumsinya. 
Berikut ini lima risiko buruk bila kelebihan mengonsumsi makanan mengandung protein.
1. Alergi
Makanan seperti kedelai, telur, dan susu mengandung protein shake yang bisa memicu reaksi alergi pada sejumlah orang yang terlalu banyak mengonsumsinya. Risikonya bisa menyebabkan diare, muntah, dan dehidrasi. (Baca juga: Selesai Olahraga, Ini yang Perlu Anda Lakukan)
2. Sakit Perut
Makanan yang mengandung protein shake atau yang terbuat dari susu dan mengandung gula susu laktosa dapat menyebabkan sakit perut. Kondisi ini dapat menyebabkan kembung, diare, dan perut kram.
3. Merusak Ginjal dan Hati
Mengonsumsi protein shake berlebihan juga dapat merusak ginjal dan hati, terlebih bagi mereka yang sudah memiliki penyakit ginjal atau hati.
4. Bubuk Beracun
Protein shake mengandung bahan-bahan berbahaya dan beracun seperti timbal, arsen, dan merkuri. Bahan-bahan ini tidak dicantumkan di label makanan dan sudah banyak tes laboratorium yang menunjukkan adanya racun di dalamnya. (Baca juga: Ini Makanan Sehat untuk Atasi Anemia)
5. Kenaikan Berat Badan
Kelebihan kandungan protein di dalam tubuh akan disimpan sebagai lemak yang menyebabkan kenaikan berat badan. Apabila seseorang mengambil lebih banyak protein shake dari kebutuhan makanan harian, kemungkinan besar akan mengalami kenaikan berat badan. (liputan6.com)