Zona pintar Pemilu DIY diresmikan

Komisioner KPU RI, Sigit Pamungkas (kiri) saat meresmikan zona pintar pemilu di kantor KPU DIY, Kamis (4/8/2016). (sutriyati/kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY, Kamis (4/8/2016) meluncurkan zona pintar pemilu yang merupakan salah satu perontohan rumah pemilu nasional.

Aktifis perempuan dari Narasita, Renny Frahesty mengapresiasi berdirinya zona tersebut sebagai tempat mengedukasi masyarakat tentang Pemilu, tidak hanya menjelang Pilkada Kota Yogyakarta da Kabupaten Kulon Progo, tetapi juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran setelahnya.

Baca Juga:  Ketika Harga Anjlok, Siapa Tanggung Jawab?

“Harapan saya, zona pintar ini tidak hanya secara fisikly saja, tetapi juga bisa diakses secara online untuk menjangkau masyarakat yang terbatas jarak,” kata Renny kepada kabarkota.com, di kantor KPU DIY.

Sementara, Komisioner KPU RI, Sigit Pamungkas yang meresmikan peluncuran zona pintar itu menjelaska bahwa hadirnya rumah pintar pemilu seperti ini, selain sebagai dokumentasi kegiatan utama Pemilu juga sekaligus mengedukasi masyarakat untuk memahami pemilu.

Baca Juga:  Jelang Pileg 2019 dan Potret Buram Koruptor di Lapas (tak) Sukamiskin

“Hingga tahun 2017, kami menargetkan 90 daerah. Sedangkan hingga tahun 2016 ini, sebanyak 50 rumah pemilu sudah diresmikan dengan penamaan yang berbeda-beda,” ungkapnya.

Guna mengoptimalkan fungsi zona pintar Pemilu DIY ini, Sigit berharap agar bisa diintegrasiikan dengan wisata edukasi, sehingga bisa lebih dikenal masyarakat secara luas.

Hamdan Kurniawan selaku Ketua KPU DIY menambahkan, zona pintar pemilu dilengkapi dengan tempat simulasi TPS serta ruag audio visual tentang Pemilu yang sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai ruang diskusi untuk para pengunjung.

Baca Juga:  Satu Hari jelang Penobatan, Tahta Paku Alam X akan Digugat

Pihaknya meminta, agar para guru di sekolah dapat mengajak siswa-siswanya berkunjung dan belajar tentang Pemilu di zona ini. (Rep-03/Ed-03)