75% Kuota Formasi CPNS di Pemda DIY masih Kosong, Pendaftaran Diperpanjang

Ilustrasi (dok. istimewa)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Jumlah pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melalui jalur umum yang telah dibuka sejak 26 September lalu, hingga kini masih terhitung minim. Bahkan sekitar 75% dari total alokasi formasi yang disediakan belum terpenuhi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY, Agus Supriyanto menyebutkan, hingga 4 Oktober 2018, total jumlah pendaftar baru sekitar 800 CPNS. Sementara total kuota formasi 766, yang terdiri atas formasi tenaga guru (500), tenaga kesehatan (55), dan tenaga teknis (211).

“Kebanyakan pendaftar memilih formasi guru,” kata Agus kepada wartawan, di kompleks Kepatihan Yogyakarta, 4 Oktober 2018.

Pihaknya menduga, minimnya jumlah pedaftar CPNS 2018 ini, salah satunya karena kendala teknis di bandwich servernya, sehingga banyak CPNS yang kesulitan dalam proses pendaftaran secara online.

Cerita Sejumlah Pendaftar di Yogya

Senada dengan itu, salah satu pendaftar CPNS dari Sleman, Yeni mengungkapkan, dirinya sempat mengalami kesulitan untuk melakukan registrasi online, terutama saat awal pembukaan pendaftaran. Ia terpaksa melakukan login selama puluhan kali.

“Setidaknya sudah 30 kali mencoba belum berhasil juga,” keluhnya, 4 Oktober 2018

Namun saat dikonfirmasi ulang pada Jumat (5/10/2018) pagi, server sudah mulai lancar. “Saat pendaftaran pertama memang sulit, tapi begitu sudah masuk, relatif lebih mudah untuk melanjutkam ke tahap berikutnya,” imbuhnya.

Berbeda cerita dengan pengalaman Widia, salah satu pendaftar CPNS yang memilih salah satu formasi di lingkungan Pemda DIY. “Kalau pas saya mencoba masuk Alhamdulillah lancar,” ucapnya.

Keduanya berharap, untuk penyelenggaraan rekrutmen CPNS di tahun berikutnya, persoalan server tersebut perlu lebih diperhatikan, agar kendala serupa tak terjadi lagi.

Pemerintah Perpanjang masa Pendaftaran CPNS

Sementara itu, Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Gatot Saptadi mengeluarkan Pengumuman Perpanjangan Pendaftaran CPNS di lingkungan Pemda DIY.

Dalam pengumuman bernomor 80/13829 itu, masa pendaftaran CPNS 2018 di lingkungan Pemda DIY diperpanjang hingga 15 Oktober 2018 mendatang.

Perpanjangan tersebut, sebagai tindak lanjut dari Surat Badan Kepegawaian Negara (BKN) tentang Perpanjangan Jadwal Pendaftaran CPNS 2018, melalui sscn.bkn.go.id diperpanjang sampai dengan taggal 15 Oktober 2018 pukul 23.59 WIB. (Rep-03)